Evakuasi Ghouta Timur: Ribuan Penduduk dan Petempur Diangkut Bus Menuju Idlib

Mereka yang rencananya dievakuasi menuju Idlib kemungkinan akan menghadapi serangkaian tantangan baru di sana, karena serangan udara Rusia dan bombardir militer Suriah

Evakuasi Ghouta Timur: Ribuan Penduduk dan Petempur Diangkut Bus Menuju Idlib
AJ

Terkait

Hidayatullah.com–Ribuan penduduk Ghouta Timur sedang dievakuasi dari wilayah kantong yang terkepung pada Minggu, media pemerintah Suriah melaporkan, menyusul ribuan lainnya yang telah meninggalkan kota-kota di pinggiran Damaskus selama beberapa hari terakhir.

Kantor berita pemerintah Sana melaporkan bus-bus yang mengangkut sekitar 500 penduduk dan petempur akan keluar melalui koridor Irbin, dengan ribuan lebih diharapkan menyusul pada Ahad.

Dua dari tiga kelompok oposisi yang telah mengontrol wilayah itu sejak 2013 telah menyerah, dengan ribuan petempur dan sanak saudara mereka mengungsi menuju wilayah lain yang dikontrol oposisi di Idlib, provinsi di utara negara tersebut.

Pada Sabtu, evakuasi petempur oposisi dan keluarga mereka merupakan bagian dari kesepakatan evakuasi yang disetujui antara tentara Rusia dan dua kelompok oposisi utama di wilayah itu.

Lebih dari 900 penduduk Ghouta Timur mulai pergi menuju provinsi Idlib pada malam Sabtu, seorang aktivis di dalam kota mengatakan pada Aljazeera.

Baca: 120 Ribu Warga Tinggalkan Ghouta Timur

Pada penduduk juga mulai meninggalkan Harasta, yang sebelumnya dikontrol oleh kelompok Ahrar al-Sham, dengan 17 bus, dan dari Irbin, yang bersama dengan Zamalka dan Jobar telah berada di bawah kontrol kelompok oposisi Faylaq ar-Rahman.

Menurut SANA, 25 bus telah dikirim ke pinggiran Irbin untuk mengangkut para penduduk dari kota dan daerah sekitarnya menuju wilayah yang diduduki oposisi di utara negara itu.

Laith al-Abdullah, seorang aktivis di Harasta, mengatakan pada Aljazeera bahwa ini akan menjadi evakuasi yang kedua dan “terakhir” – sesuai dengan kesepakatan yang dicapai dengan Rusia. “Sepertinya tidak akan ada evakuasi ketiga … tetapi kita akan lihat dan tunggu,” katanya.

Juru bicara Failaq al-Rahman, Wael Olwan, mengkritik Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) karena tidak menawarkan perlindungan atau jaminan pada para penduduk yang ingin tetap berada di Ghouta Timur.

“Orang-orang yang terluka akan menjadi yang pertama meninggalkan Ghouta, dan para petempur akan menjadi yang terakhir,” Olwan mengatakan pada Aljazeera.

Baca: Penduduk Ghouta Timur Menolak Meninggalkan Tanah Mereka

Pada 18 Februari, pasukan rezim Suriah, didukung oleh jet-jet tempur Rusia, memperketat pengepungan mereka atas Ghouta Timur dengan serangan militer besar-besaran yang membunuh 1,500 dan melukai lebih dari 5.000 orang.

Hampir 400.000 orang masih berada di kantong wilayah itu sebelum serangan itu terjadi.

Pada minggu lalu, media pemerintah melaporkan sekitar 4.000 orang telah meninggalkan Harasta di pinggiran Damaskus, termasuk lebih dari 1.000 petempur oposisi Ahrar al-Sham, setelah kelompok oposisi itu mencapai kesepakatan evakuasi pada Rabu.

Sementara itu, para petempur oposisi dari Jaish al-Islam di Douma, kota terbesar kelompok oposisi yang masih tersisa di Ghouta Timur, belum dapat mencapai kesepakatan dengan angkatan darat Rusia – sekutu utama rezim Suriah – dengan 150.000 penduduk masih terperangkap di dalam.

Orang-orang di Douma dihadapkan pada akses terbatas atas makanan dan obat-obatan, para aktivis mengatakan pada Aljazeera.

Mereka yang rencananya dievakuasi menuju Idlib kemungkinan akan menghadapi serangkaian tantangan baru di sana, karena serangan udara Rusia dan bombardir militer Suriah atas Idlib telah meningkat dalam satu minggu terakhir, membunuh lusinan orang.

Provinsi itu juga telah menyaksikan pertikaian yang berlarut-larut antar kelompok oposisi.*/ Nashirul Haq AR

Rep: Admin Hidcom

Editor: Cholis Akbar

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.hidayatullah.com dan Segera Update aplikasi hidcom untuk Android . Install/Update Aplikasi Hidcom Android Anda Sekarang !

Topik: , , , , , , , , , , ,

Sebarkan tautan berikut :

Baca Juga Berita Menarik Lainnya !