Selasa, 6 Juli 2021 / 26 Zulqa'dah 1442 H

Kabar dari Suriah

Tatap Mata si Kecil Ini. Dia Tewas Diroket Rezim di Aleppo. Satu dari 130 yang Syahid

Bagikan:

Hidayatullah.com | Sahabatsuriah.com–Tataplah mata bening bayi ini, mata yang sudah tidak melihat lagi sesudah nyawanya melayang akibat luka-luka ketika pasukan rezim Basyar al-Assad melontarkan roket demi roket ke arah kotanya: Aleppo.

April 3 – Aleppo – Aleppo City Medical Council

Sampai di penghujung hari Selasa, 2 April 2013, NGO yang bernama Local Coordination Committees mencatat dan mendokumentasikan – lengkap dengan biodata, foto atau video – jatuhnya 130 nyawa akibat perang di berbagai kawasan Suriah. Termasuk di antara mereka adalah 6 wanita dan 11 anak. Di Aleppo – kawasan utara Suriah yang sebagian besarnya sudah dikuasai oleh para pejuang – jatuh 48 orang syuhada (dengan izin Allah). Sebanyak 40 orang tewas di Damascus dan kawasan sekitarnya; 11 di Homs; 9 di Idlib; 8 di Dara’a; 5 di Hama; 4 di Deir Ezzur; 1 di Raqqa dan 1 lagi syahid di Lattakia.

NGO yang sama juga mencatat terjadinya pengeboman/penyerangan di 352 titik di berbagai kota dan desa Suriah. Dilaporkan, pesawat-pesawat tempur Assad menyerang dan menjatuhkan berbagai jenis bom di 33 titik di seluruh Suriah, termasuk rudal surface-to-surface di Daraya, Busra Sham dan Khalidiyah, sementara bom gentong dijatuhkan di Atareb dan Deir Jammal. Rezim juga menggunakan rudal Scud di 3 distrik.

Bom Fosfor

Bom fosfor yang dilarang penggunaannya secara internasional dan yang berulangkali digunakan oleh Israel sewaktu menyerang Gaza, juga digunakan rezim Assad terhadap rakyatnya sendiri. Local Coordination Committees melaporkan bom fosfor dijatuhkan di Malihah di luar Damascus, sementara bom cluster dipakai rezim di Binnish, Adanan, Karm Nuzha, Da’el dan Sura.

Bom vacuum dijatuhkan di Abel, Homs

Terdokumentasi pula penggunaan gas beracun yang ditembakkan rezim ke arah sejumlah tempat terjadinya pertempuran antara rezim dengan Jaysul Hurr (tentara oposisi), para pejuang pembebasan.

Peledakan dengan mortir dilakukan di 109 titik sementara penyerangan artileri di 116 titik. Penyerangan dengan menggunakan rocket launchers terjadi di 73 titik.

Pertempuran

Dilaporkan pula terjadinya pertempuran hebat antara pasukan rezim dengan Jaysul Hurr di 138 titik, termasuk di desa Sahlabiyah di Raqqa, di mana pejuang berhasil menjatuhkan satu pesawat tempur rezim.

Jasyul Hurr juga mentarget sebuah konvoi militer yang sedang menarik diri dari markas batalion 49 di Dara’a. Sebanyak 6 kendaraan militer rezim juga berhasil dihancurkan oleh para pejuang.

Di Sweidah, Jasyul Hurr menyerbu masuk ke markas batalion 66 Hajanah di timur kota Tal Melh dan membunuh sejumlah tentara. Para pejuang juga mentarget checkpoint militer di Bridija di Hama dengan rudal Grad. Di Aleppo, Jaysul Hurr menembakkan roket bikinan rumah mereka ke arah kampung Ameria yang menjadi basis para kakitangan rezim (Syabihah).*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Cholis Akbar

Bagikan:

Berita Terkait

Rezim Suriah Langgar Gencatan Senjata di Kota Daraya Pedesaan Damaskus

Rezim Suriah Langgar Gencatan Senjata di Kota Daraya Pedesaan Damaskus

Terjebak di Sebuah Bangunan, 100 Anak Aleppo Dihujani Bom Rezim Bashar

Terjebak di Sebuah Bangunan, 100 Anak Aleppo Dihujani Bom Rezim Bashar

16 Orang Tewas, 50 Cedera dalam Serangan Udara Terbaru di Suriah

16 Orang Tewas, 50 Cedera dalam Serangan Udara Terbaru di Suriah

Mengenang Wasim Mu’adz, Dokter Periang Dari Timur Aleppo

Mengenang Wasim Mu’adz, Dokter Periang Dari Timur Aleppo

Empat Tahun Serangan Koalisi AS di Suriah Bunuh 3.300 Warga Sipil

Empat Tahun Serangan Koalisi AS di Suriah Bunuh 3.300 Warga Sipil

Baca Juga

Berita Lainnya