Kamis, 20 Januari 2022 / 16 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Buron 20 Tahun Mafia Italia Tertangkap karena Google Street View

Bagikan:

Hidayatullah.com–Seorang mafia Italia yang buron selama 20 tahun akhirnya ditangkap polisi di Spanyol setelah tersorot kamera Google.

Gioacchino Gammino diketahui bermukim dengan nama palsu di kota Galapagar setelah ia tertangkap kamera di fitur Google Maps Street View.

Bekas bos mafia berusia 61 tahun itu tercatat dalam daftar buronan berbahaya yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Italia.

Dilansir Euronews Kamis (6/1/2022), Gammino hidup sebagai penjual buah dan juru masak di sebuah kota kecil dekat Madrid. Dia ditangkap setelah dua tahun aparat Italia dan Spanyol melakukan operasi gabungan untuk memburunya.

Foto yang terdapat di Google menunjukkan seorang pria yang mirip dengan Gammino di luar sebuah toko buah di Galapagar pada Juli 2018.

Pada saat penangkapannya di bulan Desember, Gammino dikabarkan bertanya kepada polisi, “Bagaimana kalian menemukan saya? Saya bahkan sudah 10 tahun tidak menelepon keluarga saya!”

Gammino pertama kali ditangkap di Barcelona dalam kasus pembunuhan dan perdagangan narkoba di akhir tahun 1990-an, tetapi secara misterius kabur dari penjara di Roma pada 2002. Dia rencananya akan diekstradisi ke Italia bulan depan.

Ini bukan pertama kalinya seorang mafia berhasil ditangkap berkat internet. Bulan Maret 2021, seorang anggota geng kriminal Italia diringkus di Republik Dominika setelah tatonya dikenali dalam sebuah video masak di YouTube.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Penjagaan Ketat Mursy Bikin Jamaah Kesal

Penjagaan Ketat Mursy Bikin Jamaah Kesal

Ulama dan Warga Saudi Minta ‘Mufti Palsu’ Ditindak Tegas

Ulama dan Warga Saudi Minta ‘Mufti Palsu’ Ditindak Tegas

ulama kongo dibunuh

Ulama Kongo Syeikh Ali Amini Dibunuh ketika sedang Shalat Maghrib

Warga London dan Tokoh Yahudi Desak PM Benyamin Netanyahu Ditangkap

Warga London dan Tokoh Yahudi Desak PM Benyamin Netanyahu Ditangkap

AS Minta Iran Tak Campur Tangan Iraq

AS Minta Iran Tak Campur Tangan Iraq

Baca Juga

Berita Lainnya