Sabtu, 22 Januari 2022 / 18 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Minat Bahasa Arab di Turki Tinggi, Peneliti: Bahasa Al-Quran Bawa Peradaban Islam

bahasa arab turki
Bagikan:

Hidayatullah.com — Bahasa Turki dan Arab, meskipun berasal dari dua keluarga bahasa yang sangat berbeda, terikat satu sama lain secara rumit melalui kata-kata pinjaman. Turki memelihara hubungan bersejarah dengan negara-negara di mana bahasa Arab adalah bahasa utama, namun selama bertahun-tahun pendidikan bahasa Arab hanya terbatas pada pendidikan agama di negara itu.

Namun, ini telah berubah dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir.

“Bahasa Arab terdengar di mana-mana di Turki karena merupakan bahasa Al-Qur’an. Ini juga bahasa yang membawa kepada kita peradaban dan pengetahuan Islam,” kata Abdüs Samet Koçak, asisten peneliti di Universitas Fatih Sultan Mehmet Istanbul dan seorang Instruktur bahasa Arab. Ini adalah “bagian dari budaya Turki” seperti yang diucapkan oleh orang Turki di bagian selatan negara itu, Koçak menambahkan dilansir Daily Sabah pada Rabu (22/12/2021).

Tanggal 18 Desember bertepatan dengan hari pada tahun 1973 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi bahasa Arab sebagai bahasa resmi keenam organisasi tersebut. Turki mengamati beberapa acara untuk memperingati hari itu. Pada Jumat lalu, Departemen Bahasa Asing di Universitas Gazi yang berbasis di Ankara menyelenggarakan program yang mencakup sketsa, lagu, dan puisi yang dibacakan dalam bahasa Arab. Beberapa acara diadakan di berbagai universitas, sekolah imam hatip (yang berada di garis depan pendidikan bahasa Arab) dan lembaga sipil lainnya dalam perayaan bahasa Arab.

“Siswa mempersiapkan perayaan ini dengan bangga, hanya untuk mendapatkan kesempatan memberikan pidato dalam bahasa Arab klasik,” kata Koçak kepada Anadolu Agency (AA). “Tidak ada bahasa asing yang pernah mendapat perhatian yang sama seperti bahasa Arab di Turki, yang membuat saya berpikir bahwa pemerintah tidak menganggap bahasa Arab sebagai bahasa asing di Turki. Turki juga telah membuka pintu bagi profesor Arab untuk bekerja di universitas negeri dalam sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah universitas Turki,” tambahnya.

Tema Hari Bahasa Arab Sedunia tahun ini – “Bahasa Arab, jembatan antar peradaban” – ditetapkan oleh UNESCO sebagai seruan untuk menegaskan kembali peran penting bahasa Arab dalam menghubungkan orang melalui budaya, sains, sastra, dan banyak domain lainnya.

Pada 7 Desember, sebuah nota kesepahaman ditandatangani antara Universitas Fatih Sultan Mehmet dan Qatar Debate yang berbasis di Doha, anggota Qatar Foundation, untuk mendirikan “Pusat Debat Berbahasa Arab” di Turki. Perjanjian tersebut juga mencakup organisasi yang pertama Kejuaraan Debat Bahasa Arab Universitas Nasional pertama di Turki yang akan diadakan pada 20-28 Desember di Istanbul. “Kejuaraan ini menarik 20 tim dari berbagai universitas di Turki, yang menunjukkan sejauh mana universitas dan mahasiswa tertarik dengan bahasa Arab,” ujar Koçak.

Selama lima tahun terakhir, tim debat bahasa Arab Turki yang berbeda telah memenangkan tiga kontes debat internasional di tingkat sekolah menengah yang diselenggarakan di Qatar. Kemenangan terakhir adalah pada April 2021, di mana Beyoğlu Anadolu Imam Hatip High School yang asal Istanbul memenangkan tempat pertama dalam Kejuaraan Debat Sekolah Internasional ke-5, yang diselenggarakan secara online karena pembatasan COVID-19. Emir Maruf Satır, anggota tim pemenang, mengatakan kepada AA bahwa partisipasinya dalam debat bahasa Arab “membuka wawasan yang luas” baginya dan menguntungkannya dalam beberapa aspek.

“Debat bahasa Arab memberikan kesempatan untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Arab saya dan mengajari saya cara-cara diskusi kelompok, keterampilan mendengarkan dan keterampilan berpikir kolektif. Pengalaman ini membuat saya menjadi orang yang berwawasan luas, lebih memperhatikan isu-isu dunia dan bangsa Islam,” katanya.

Satır yang juga meraih penghargaan Best Speaker dalam lomba debat tersebut mengatakan, meski masih dalam tahap awal belajar bahasa Arab, ia selalu berupaya untuk mengikuti berbagai program yang berkaitan dengan bahasa tersebut, seperti debat, kegiatan, dan seminar. Ia juga mengikuti Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) Model OKI yang diselenggarakan pada April 2019 di Istanbul.

Model OKI adalah simulasi akademik Organisasi Kerjasama Islam (OKI), yang bertujuan untuk mendidik peserta tentang tren saat ini dalam teori dan praktik hubungan internasional, komunikasi yang efektif dan diplomasi multilateral.

“Selama tahun persiapan di sekolah, saya pergi ke Yordania selama sembilan minggu dalam program intensif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab saya dan mempraktikkannya dengan penutur asli,” kata Maruf. Namun, dengan kehadiran besar orang Arab di Turki, terutama di Istanbul , “Sekarang saya bisa berlatih bahasa Arab setiap hari, terutama di tempat-tempat di mana penduduk Arab banyak,” tambahnya.

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, digunakan setiap hari oleh lebih dari 400 juta orang.

Koçak mengatakan minat belajar bahasa Arab telah meningkat di Turki dalam beberapa tahun terakhir karena pemulihan hubungan antara Turki dan negara-negara Arab. Dia mengatakan ada sejumlah besar sekolah yang mengajarkan bahasa Arab sebagai bahasa kedua, selain “pembukaan fakultas ilmu-ilmu Islam dan sastra Arab di banyak universitas Turki yang menawarkan tahun persiapan dalam bahasa Arab juga.”

Rep: Nashirul Haq
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Arab Saudi Tahan 1.028 tahanan Asing atas dugaan Terorisme

Arab Saudi Tahan 1.028 tahanan Asing atas dugaan Terorisme

Ikhwan Raih 28 Kursi di Parlemen Mesir

Ikhwan Raih 28 Kursi di Parlemen Mesir

Dinilai Banyak Intervensi Negara, Bahrain Usir  Duta Besar Iran

Dinilai Banyak Intervensi Negara, Bahrain Usir Duta Besar Iran

Turki Mendesak Sanksi Ekonomi atas Sudan Ditarik

Turki Mendesak Sanksi Ekonomi atas Sudan Ditarik

Serangan Penjajah Bunuh Komandan “Syuhada Al Aqsha” Gaza

Serangan Penjajah Bunuh Komandan “Syuhada Al Aqsha” Gaza

Baca Juga

Berita Lainnya