Kamis, 27 Januari 2022 / 24 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Geng Kriminal di Niger Menyerang Jamaah Shalat, 16 Orang Meninggal

Bagikan:

Hidayatullah.com—Orang-orang bersenjata telah menyerang sebuah masjid di negara bagian Nigeria tengah, Niger, menewaskan sembilan orang, kata polisi hari ini. Sementara itu penduduk memberikan angka kematian jauh lebih tinggi, yakni 16 orang.

Penyebab serangan itu masih belum diketahui, tetapi geng kriminal yang dikenal penduduk setempat sebagai bandit telah menyerang komunitas di barat laut dan tengah Nigeria selama bertahun-tahun. Orang-orang bersenjata itu menggunakan sepeda motor menyerbu desa terpencil Ba’are di distrik Mashegu pada Rabu, menembaki sebuah masjid saat para jemaah sedang salat, kata kepala polisi setempat Bala Kuryas.

“Para penyerang membunuh sembilan jemaah di dalam masjid dan menyebabkan puluhan lainnya terluka,” kata Kuryas dikutip AFP.

Komando Polisi di Negara Bagian Niger mengatakan orang-orang bersenjata membunuh sembilan jemaah dan melukai enam lainnya dalam serangan terhadap sebuah masjid di desa Tungan Ba’are di Wilayah Pemerintah Daerah Mashegu negara bagian itu.

Kapolsek, Senin-Bala Kuryas yang membenarkan kejadian tersebut mengatakan, jemaah tersebut tewas saat shalat Subuh hari Kamis.  Dia mengatakan seorang guru sekolah dasar diculik oleh orang-orang bersenjata, menambahkan bahwa mereka yang tewas berusia antara 30 dan 65 tahun.

Komisaris polisi mengatakan enam orang yang terluka dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Kontagora untuk perawatan. Nama yang terluka adalah; Umaru Sahabi, Mohammed Maikasuwa, Isa Abu, Mohammed Danbarau, Mohammed Dandangi dan Alhaji Dan Mairini.

Menurut komisaris, insiden itu mungkin merupakan serangan balasan akibat perseteruan komunal yang sudah berlangsung lama. Dia mengatakan bahwa personel keamanan bersenjata tambahan telah dikerahkan ke daerah itu untuk melacak dan menangkap orang-orang bersenjata dan semua penjahat lainnya yang merusak koeksistensi damai di antara penduduk.

Sebelum ini, sebuah serangan terhadap jamaah shalat terjadi pada 25 Oktober, di sebuah masjid di desa Mazakuka di Wilayah Pemerintah Daerah Mashegu, telah menyebabkan banyak orang tewas.

Di Negara Bagian Niger, bandit bersenjata dalam beberapa tahun terakhir telah membunuh ratusan orang dan membuat ribuan lainnya mengungsi.  Pemerintah negara bagian mengatakan setidaknya lebih dari 151.380 orang, sebagian besar petani petani, mengungsi dalam dua tahun terakhir di negara bagian itu.

Di Wilayah Pemerintah Lokal Mashegu di mana serangan terakhir terjadi, lebih dari 2.010 penduduk telah mengungsi dalam dua tahun terakhir.*

Rep: Ahmad
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Pengadilan Mesir Perintahkan Pembubaran Sayap Politik Al-Ikhwan

Pengadilan Mesir Perintahkan Pembubaran Sayap Politik Al-Ikhwan

Pemerintah Bostwana Gugat Dekriminalisasi Homoseksual

Pemerintah Bostwana Gugat Dekriminalisasi Homoseksual

Kemiskinan dan Revolusi Rakyat Miskin di Mesir [2]

Kemiskinan dan Revolusi Rakyat Miskin di Mesir [2]

Media Syiah Sebut Al-Qaradhawi Lakukan Fitnah

Media Syiah Sebut Al-Qaradhawi Lakukan Fitnah

Rezim Suriah Menaikkan Harga Roti dan Solar saat Krisis Semakin Parah

Rezim Suriah Menaikkan Harga Roti dan Solar saat Krisis Semakin Parah

Baca Juga

Berita Lainnya