Ahad, 23 Januari 2022 / 19 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Laporan: Sekutu Assad Ubah Suriah Menjadi Negara Penghasil Narkoba

Negara penghasil narkoba
Bagikan:

Hidayatullah.com — Sekutu dan kerabat diktator Suriah, Bashar al-Assad, telah mengubah negara itu menjadi negara baru penghasil “narkoba di Mediterania,” menurut laporan pada Ahad, dilansir Anadolu (06/12/2021).

New York Times (NYT) mengatakan industri narkoba atau obat-obatan terlarang yang mereka “bangun di atas abu dari 10 tahun perang saudara” telah beromzet miliaran dolar, melampaui ekspor legal Suriah.

Menurut laporan itu, produk utama negara baru penghasil narkoba adalah captagon, amfetamin ilegal dan adiktif yang populer di Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya.

“Operasinya membentang di seluruh Suriah, termasuk pabrik produksi, pabrik pengepakan di mana mereka disembunyikan untuk ekspor, dan jaringan penyelundupan untuk mendorong mereka ke pasar luar negeri,” ungkap laporan itu.

Penyilidikan NYT didasarkan pada “informasi dari pejabat penegak hukum di 10 negara dan puluhan wawancara dengan pakar obat internasional dan regional, warga Suriah yang memiliki pengetahuan tentang perdagangan narkoba dan pejabat Amerika Serikat saat ini dan sebelumnya.”

Sebagian besar produksi dan distribusi, menurut laporan NYT, diawasi oleh Divisi Lapis Baja Keempat Tentara Suriah. Itu adalah sebuah unit elit yang dipimpin oleh Maher al-Assad, yang juga merupakan adik dari Assad.

“Pemain utama juga termasuk pengusaha yang memiliki hubungan dekat dengan pemerintah, kelompok militan Lebanon Hizbullah dan anggota keluarga besar presiden lainnya, yang nama belakangnya memastikan perlindungan untuk kegiatan ilegal,” katanya.

“Perdagangan narkoba muncul di reruntuhan perang yang menghancurkan ekonomi Suriah. Perang yang membuat sebagian besar rakyatnya jatuh miskin dan membuat anggota militer, elit politik dan bisnis Suriah mencari cara baru untuk mendapatkan mata uang keras dan menghindari sanksi ekonomi Amerika, ” tambah surat kabar itu.

“Amphetamine terlarang sekarang menjadi ekspor paling berharga di negara itu, jauh melampaui produk legalnya,” lanjutnya.

Ratusan juta pil yang disita dalam beberapa tahun terakhir oleh pihak berwenang di Yunani, Italia, Arab Saudi dan di tempat lain sebagian besar berasal dari satu pelabuhan yang dikendalikan pemerintah di Suriah, menurut laporan NYT.

Mencatat bahwa pejabat di Italia menemukan 84 juta pil tersembunyi di gulungan kertas dan roda gigi logam tahun lalu sementara Malaysia menemukan 94 juta pil disegel di dalam roda troli karet pada bulan Maret, harian itu mengutip ahli obat-obatan telarang bahwa penyitaan ini mungkin hanya sebagian kecil dari narkoba yang dikirim.

“Lebih dari 250 juta pil captagon telah disita di seluruh dunia sepanjang tahun ini, lebih dari 18 kali lipat jumlah yang ditangkap empat tahun lalu,” katanya.

Mengutip pakar keamanan regional, Times juga mencatat bahwa hambatan utama dalam memerangi perdagangan narkoba adalah bahwa ia mendapat dukungan dari “negara yang memiliki sedikit alasan untuk membantu menutupnya.”

“Gagasan untuk pergi ke pemerintah Suriah untuk menanyakan tentang kerja sama tidak masuk akal,” surat kabar itu mengutip Joel Rayburn, utusan khusus AS untuk Suriah selama pemerintahan mantan Presiden Donald Trump, mengatakan.

“Ini benar-benar pemerintah Suriah yang mengekspor obat-obatan. Ini tidak seperti mereka melihat ke arah lain sementara kartel narkoba melakukan hal mereka. Mereka adalah kartel narkoba.”

Suriah telah dirusak oleh perang saudara sejak awal 2011, ketika rezim Assad menindak pengunjuk rasa pro-demokrasi.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Para Ulama Tanyakan Kesehatan Syeikh Al Qaradhawi

Para Ulama Tanyakan Kesehatan Syeikh Al Qaradhawi

Maroko Tertarik Beli Sistem Pertahanan Udara Iron Dome

Maroko Tertarik Beli Sistem Pertahanan Udara Iron Dome

Selama 2014, Vatikan Pecat 848 Pastor “Kelainan”

Selama 2014, Vatikan Pecat 848 Pastor “Kelainan”

Fatwa Taliban untuk Membunuh Presiden Hamid Karzai

Fatwa Taliban untuk Membunuh Presiden Hamid Karzai

Myanmar Tangkap Dua Aktivis Buddha Radikal yang Provokasi Ketegangan dengan Muslim

Myanmar Tangkap Dua Aktivis Buddha Radikal yang Provokasi Ketegangan dengan Muslim

Baca Juga

Berita Lainnya