Rabu, 8 Desember 2021 / 3 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

Kalajengking Hitam Banjiri Mesir, 3 Orang Tewas dan 500 lainnya Luka

kalajengking hitam
Bagikan:

Hidayatullah.com — Sekitar 500 orang terluka dan tiga orang tewas setelah kalajengking hitam membanjiri pemukiman kota Aswan, Mesir selatan disebabkan badai petir sejak Jumat lansir Middle East Monitor pada Senin (15/11/2021). Serangan kalajengking sebagian besar terjadi di daerah pegunungan.

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan mengatakan kepada Al-Ahram bahwa kawanan kalajengking mengakibatkan 89 orang dirawat di RS Universitas Aswan, sementara ratusan lainnya dirawat di beberapa RS lain. Pihaknya telah menarik para dokter yang berlibur untuk mengobati sengatan kalajengking.

Selain itu, pusat medis di lokasi yang terpencil juga sudah menerima tambahan obat anti-bisa.

Pada Jumat, Gubernur Aswan, Ashraf Attia untuk sementara waktu melarang kapal-kapal di Sungai Nil dan Danau Nasser mendekati kota. Ia juga memerintahkan penutupan sementara beberapa jalan karena badai mengakibatkan jarak pandang berkurang. Lalu lintas dan perjalanan kapal mulai normal pada Sabtu.

Penduduk lokal juga disarankan untuk tetap tinggal di rumah dan menghindari tempat dengan banyak pohon. Kombisasi hujan lebat, badai debu, dan salju yang jarang terjadi telah meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan banjir.

Kalajengking ekor gemuk Mesir dianggap sebagai salah satu kalajengking paling mematikan di dunia. Racun dari kalajengking ekor gemuk hitam dalam membunuh manusia dalam waktu kurang dari satu jam jika tidak ditangani.

Gejala sengatan kalajengkin berbisa dapat berupa kesulitan bernapas, otot berkedut dan gerakan kepala yang tidak biasa.

Kenapa kalajengking masuk rumah?

Umumnya, kalajengking masuk rumah pada kondisi tertentu atau pada musim hujan. Meskipun tidak semua kalajengking mematikan, namun sengatan beberapa kalajengking bisa berakibat fatal. Apalagi kalajengking ekor gemuk hitam termasuk dalam kalajengking beracun.

Bagaimana jika digigit kalajengking?

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan jika tersengat kalajengking, diantaranya ialah dengan mengompres dingin area yang tersengat untuk mengurangi rasa sakit. Kalau bisa sebelumnya, bersihkan bekas sengatan dengan sabun dan air.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Mesir Memberlakukan Pembatasan Perjalanan

Mesir Memberlakukan Pembatasan Perjalanan

Milisi Syiah Iraq ikut Berperang di Suriah

Milisi Syiah Iraq ikut Berperang di Suriah

Kurangi Kepadatan Pengunjung, India Naikkan Tarif Masuk Taj Mahal

Kurangi Kepadatan Pengunjung, India Naikkan Tarif Masuk Taj Mahal

Protes Bergejolak di Paris atas Rancangan Undang-Undang Anti-Muslim

Protes Bergejolak di Paris atas Rancangan Undang-Undang Anti-Muslim

Belasan Mayat dalam Keadaan Terborgol Dibuang di Benghazi

Belasan Mayat dalam Keadaan Terborgol Dibuang di Benghazi

Baca Juga

Berita Lainnya