Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Bagaimana Masjidil Haram Mencuci 30 Ribu Karpet Setiap Hari?

Bagikan:

Hidayatullah.com—Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci –Masjidil Haram dan Masjid Nabawi– melakukan operasi kebersihan, sanitasi dan mengharumkan karpet Masjidil Haram sepanjang waktu. Jaber Al-Wadaani, Direktur Departemen Sanitasi dan Karpet di Masjidil Haram, baru-baru ini mengatakan bahwa, dengan upaya dan dukungan dari pemerintah Raja Salman untuk melayani jamaah, kepresidenan dua masjid mendirikan pusat pembersihan karpet khusus di Kudai dengan peralatan berteknologi tinggi terbaru.

Pusat tersebut memiliki tim spesialis yang bekerja untuk memastikan pembersihan memenuhi standarnya dan untuk memastikan bahwa karpet dikembalikan ke masjid tanpa cacat. Dikatakannya, Masjidil Haram juga menyertakan mesin untuk membersihkan karpet secara langsung.

Otoritas Arab Saudi menekankan kebersihan masjid setiap hari. Hal ini karena Islam menekankan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman.

Masjidil Haram Makkah adalah masjid terbesar di dunia. Konon sekitar 30.000 karpet hijau menutupi area sekitar Masjidil Haram dan kota Makkah dengan total panjang hampir 100 kilometer. Perhatian khusus diberikan pada kebersihan masjid ini karena orang-orang dari seluruh dunia mengunjungi masjid Suci ini untuk menunaikan kewajiban agama mereka, karpet ini dibersihkan secara teratur.

Karpet Masjid Suci dibersihkan setiap hari dalam 5 tahap

 

Raja Salman bin Abdul Aziz, penjaga Dua Masjid Suci, menekankan untuk memberikan perhatian khusus pada kebersihan dan menuntut agar karpet Masjid Suci dibersihkan agar para jamaah dapat menikmati ibadah secara memuaskan dan menyenangkan.

Baru baru ini Al Arabiyah memuat prosedur bagaimana karpet Masjid Suci dibersihkan setiap hari. Di bawah ini adalah 5 tahap proses pembersihan karpet;

  1. Proses penghilangan debu. Pertama-tama debu dihilangkan dari karpet ini menggunakan mesin berteknologi tinggi.Ribuan orang setiap hari mengunjungi masjid suci sehingga wajar bahwa karpet menarik banyak debu dan kotoran yang harus dibersihkan setiap hari.
  2. Mencuci dan membilas. Setelah menghilangkan debu dari karpet, mereka kemudian dicuci dengan deterjen dan disinfektan.Karpet kemudian dibilas dan diletakkan di atas jembatan yang bergerak. Semua proses pencucian dan pembilasan ini dilakukan oleh mesin dan tidak memerlukan tenaga manusia.
  3. Proses pengeringan. Proses ini membutuhkan tenaga manusia setelah karpet dikeringkan dengan kecepatan tiga karpet, setiap setengah menit, tenaga kerja atau pekerja menyebarkan karpet di bawah matahari selama satu hari penuh di musim panas dan dua hari di musim dingin.Ini tidak hanya akan membantu karpet mengering tetapi sinar matahari juga membantu menghilangkan atau membunuh semua kuman darinya.
  4. Pembersihan. Karpet dibersihkan lagi dengan sapu untuk memastikan tidak ada partikel debu yang tertinggal di atasnya.
  5. Disemprot dengan air mawar. Akhirnya, ketika karpet telah dibersihkan dengan sempurna, menyelesaikan semua proses pembersihan dan sanitasi, maka karpet disemprot dengan larutan mawar agar dapat berbau harum.

Supervisor proses pembersihan karpet dan gudang, Mohammad al-Otabi mengatakan bahwa setiap hari, hampir 200 karpet diterima oleh gudang untuk dibersihkan dan pekerja terlatih mereka menyortirnya, membersihkannya dengan benar dan merawatnya sesekali, kutip Al Arabiya.*

Rep: Ahmad
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Mursyidul Am PAS Nik Aziz Nik Mat Meninggal Dunia

Mursyidul Am PAS Nik Aziz Nik Mat Meninggal Dunia

Intelektual Timteng: Dalai Lama Harus Bicara Pembantaian Rohingya

Intelektual Timteng: Dalai Lama Harus Bicara Pembantaian Rohingya

Kuwait Bantah dengan Tegas Klaim Trump akan Mendukung Normalisasi ‘Israel’

Kuwait Bantah dengan Tegas Klaim Trump akan Mendukung Normalisasi ‘Israel’

Jamaah Al Islamiyyah Dukung Mursy di Putaran Ke-2

Jamaah Al Islamiyyah Dukung Mursy di Putaran Ke-2

Bakar Bendera Zionis, Anggota Parlemen Bahrain Bebas Hukuman

Bakar Bendera Zionis, Anggota Parlemen Bahrain Bebas Hukuman

Baca Juga

Berita Lainnya