Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

SingHealth Rancang Jilbab Khusus Nakes Muslimah Singapura

Jilbab khusus stad medis di Singapura
Bagikan:

Hidayatullah.com—Staf kesehatan Muslimah di bawah naungan SingHealth diberikan pilihan untuk mengenakan jilbab yang disediakan atau jilbab mereka sendiri. Kerudung dirancang khusus untuk petugas kesehatan, dengan celah untuk memudahkan penggunaan masker bedah dan stetoskop.

Selain itu juga mempertimbangkan penggunaan material yang ringan dan mampu menyerap kelembapan. Karyawan dapat membeli jilbab yang disetujui SingHealth dari toko Pharmacare di dalam institusi SingHealth.

Karyawan juga diperbolehkan memakai syal mereka sendiri, selama mereka memenuhi pedoman SingHealth tentang desain, bahan dan warna. Ini untuk memastikan keseragaman dan menjaga penampilan profesional di antara staf di seluruh grup SingHealth.

Staf dapat memilih dari tiga warna yaitu putih, abu-abu muda dan abu-abu gelap. Untuk staf kesehatan di lingkungan klinis berisiko tinggi, seperti di ruang bedah, di mana tingkat kebersihan dan sterilitas yang lebih tinggi diperlukan, mengenakan jilbab diri tidak diizinkan.

Karyawan harus terus menggunakan jilbab sekali pakai, jika relevan, sesuai dengan pedoman pengendalian dan pencegahan infeksi yang ada. Penggunaan jilbab sekali pakai sedang dipertimbangkan, dan informasi lebih lanjut akan diberikan di masa mendatang.

“Semua staf diharuskan untuk mematuhi pedoman yang diberikan oleh Panel Penasihat Klinis Kementerian Kesehatan, terutama kebijakan “tidak di bawah siku” yang berlaku untuk semua staf yang terlibat dalam perawatan langsung pasien, serta pedoman klinis untuk memakai jilbab di lingkungan yang berbeda,” kata Group Chief Nurse di SingHealth, Adjunct Assoc Prof Tracy Carol Ayre, yang juga ketua komite kerja implementasi SingHealth.

Rumah sakit umum di bawah SingHealth termasuk Singapore General Hospital (SGH), CHangi General Hospital (CGH) Sengkang General Hospital (SKH) dan KK Women and Children Hospital (KKH).

Beberapa rumah sakit di Singapura juga telah menawarkan sekilas hijab dan jilbab yang bisa dikenakan oleh staf Muslimah di tempat kerja, mulai Senin ini. Mediacorp News melaporkan bahwa  IHH Healthcare, yang mengoperasikan rumah sakit seperti Mount Elizabeth dan Gleneagles, akan menggunakan warna yang berbeda untuk setiap pos.

Perawat akan mengenakan krem, staf administrasi akan dicocokkan dengan warna biru, sementara staf F&B akan mengenakan jilbab hitam. Mereka juga diperbolehkan mengenakan jilbab sendiri jika sesuai dengan gaya yang diizinkan oleh IHH.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Peternak Sapi, Korban Terbaru Serangan Warga Hindu India

Peternak Sapi, Korban Terbaru Serangan Warga Hindu India

kasus covid-19

PM Spanyol: Kita Semakin Dekat dengan Akhir Pandemi Covid-19

Dua Putra Indonesia Juarai Lomba Menghafal Al-Quran Tingkat Internasional di Makkah

Dua Putra Indonesia Juarai Lomba Menghafal Al-Quran Tingkat Internasional di Makkah

Putin: Tembak Pesawat Rusia, Turki Melindungi Suplai Minyak dari ISIS

Putin: Tembak Pesawat Rusia, Turki Melindungi Suplai Minyak dari ISIS

Uskup Tawadros Jadi Paus Koptik Ke-118

Uskup Tawadros Jadi Paus Koptik Ke-118

Baca Juga

Berita Lainnya