Kamis, 2 Desember 2021 / 26 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Samia Hassan, Muslimah Paling Berpengaruh menurut ‘The Muslim 500’

muslimah Presiden perempuan pertama
muslimah
Bagikan:

Hidayatullah.com — Presiden Tanzania Samia Hassan dan ilmuwan berdarah Turki-Jerman Ugur Sahin dinobatkan sebagai tokoh Muslim dan Muslimah Tahun ini dalam ‘The Muslim 500’ edisi 2022, lansir Islam Channel, Senin (26/10/2021).

Penghargaan tahunan oleh Royal Islamic Strategic Studies Center (RISSC) yang berbasis di Yordania juga menyusun tokoh Muslim paling kuat secara global.

Daftar itu menyebut pemimpin Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani sebagai pemimpin Muslim paling berpengaruh, diikuti oleh Raja Saudi Salman, Ayatollah Ali Khamenei Iran, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Yordania Abdullah.

Muslim dan Muslimah Tahun Ini

Presiden Tanzania Samia Hassan dinobatkan sebagai ‘Muslimah Tahun Ini’ setelah dia menjadi Muslimah pertama yang menjadi presiden negara Afrika Timur itu.

Dia adalah salah satu dari dua wanita yang saat ini menjabat sebagai presiden negara Afrika dan presiden Muslim Tanzania ketiga.

RISSC mengatakan Samia telah ‘membungkam’ beberapa pengkritiknya dengan memimpin penanganan Covid di negaranya.

Dr Sahin dinobatkan sebagai ‘Muslim Tahun Ini’ atas keberhasilannya mengembangkan vaksin Covid-19 bersama istrinya Dr Ozlem Tureci.

Lebih dari 1 miliar dosis vaksin, yang memanfaatkan teknologi mRNA mutakhir, kini telah didistribusikan ke seluruh dunia. Ini menjadikannya salah satu scale-up paling ambisius dalam sejarah farmasi.

RISSC mengatakan terlepas dari kesuksesannya, Dr Sahin “tetap rendah hati”, mendesak agar vaksinnya dibagikan secara adil ke seluruh dunia.

Pemimpin negara dan Penceramah

Pemimpin negara dan tokoh agama merupakan 50 besar. Pengecualian penting termasuk pelukis kaligrafi Sheikh Uthman Taha (39) dan pesepakbola Mohammed Salah (41). Presiden Singapura, Halimah Yacob (36), menjadi satu-satunya perempuan yang masuk 50 besar.

Dr Timothy Winter (Sheikh Abdal-Hakim Winter), pelopor proyek pembangunan Masjid Pusat Cambridge, berada di urutan ke-45.

Sebutan terhormat ditujukan kepada walikota London Sadiq Khan, aktivis Palestina Ahed Tamimi, aktivis Malala Yousufzai, penyanyi Sami Yusuf dan pesepakbola Sadio Mane.

Legenda UFC Khabib Nurmagomedov juga mendapat honorable mention. Mantan juara UFC itu sedang melakukan tur ke Inggris baru-baru ini, memungkinkan para penggemar setianya untuk bertemu dan bertanya kepadanya tentang kehidupan, keyakinan, dan kariernya.

Ini adalah penambahan tahunan ke-13 dari Muslim 500. Publikasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa Muslim terhadap masyarakat luas.

Penghargaan ini mengkategorikan pengaruh sebagai setiap orang yang memiliki kekuatan (budaya, ideologis, finansial, politik, atau lainnya) untuk membuat perubahan yang memiliki dampak signifikan pada dunia Muslim dan Muslim.

Rep: Nashirul Haq
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

peta islam rasis

Islamofobia: Sejak Peluncuran ‘Peta Islam” Serangan Rasis Meningkat di Austria

Unta Kado untuk Hollande Hasil Curian

Unta Kado untuk Hollande Hasil Curian

Tiap Bulan 5.000 Orang Meregang Nyawa di Suriah

Tiap Bulan 5.000 Orang Meregang Nyawa di Suriah

Pimpinan Gereja Jehovah’s Witnesses Divonis Bersalah atas 8 Kejahatan Seksual

Pimpinan Gereja Jehovah’s Witnesses Divonis Bersalah atas 8 Kejahatan Seksual

Dua Hari, Israel Tabrak, Culik, dan Serang Warga Palestina

Dua Hari, Israel Tabrak, Culik, dan Serang Warga Palestina

Baca Juga

Berita Lainnya