Sabtu, 16 Oktober 2021 / 10 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

‘Pantai Telanjang’ di Yunani Diguncang Gempa Berkekuatan 6,3 SR

yunani
Bagikan:

Hidayatullah.com — Pusat wisata populer di pulau Kreta, Yunani yang terkenal dengan pantainya yang telanjang, diguncang gempa kuat berkekuatan 6,3 SR. Menurut laporan Pusat Seismologi Eropa Mediterania, gempa pada pukul 09.30 waktu setempat terjadi pada kedalaman 10 kilometer di perairan timur pulau itu.

Gempa melanda pantai timur pulau pada kedalaman 10 km di bawah desa Palekastro, menurut Survei Geologi AS. Desa ini berjarak 84km (52 ​​mil) dari Agios Nikolaos, yang merupakan tujuan populer bagi turis Inggris.

Pihak berwenang mengatakan polisi dan petugas pemadam kebakaran sedang memeriksa kerusakan bangunan di Kreta timur. Gempa juga terasa di pulau-pulau Yunani di sebelah timur Kreta, termasuk Karpathos, Kassos dan Rhodes.

Pusat gempa terjadi di seberang beberapa pantai yang populer dengan turis telanjang. Meskipun, pemerintah Yunani melarang turis telanjang di pantai, tidak ada tindakan yang diambil. Pada 27 September, satu orang tewas sementara ratusan rumah di pulau itu rusak akibat gempa berkekuatan 6,0 SR.

Wakil Gubernur Kreta, Yiannis Leondarakis, mengatakan kepada radio milik pemerintah Yunani: “Gempa itu terasa di seluruh pulau, dan itu menimbulkan kekhawatiran karena kami masih merasakan gempa susulan dari gempa sebelumnya.”

Ratusan orang dari desa-desa di selatan kota terbesar di pulau itu, Heraklion, tetap kehilangan tempat tinggal setelah gempa berkekuatan 5,8 yang melanda pada 27 September.

Media negara Yunani juga melaporkan gempa susulan berkekuatan 4,0, tetapi sejauh ini tidak ada kematian, cedera, atau kerusakan yang dilaporkan. Menyusul gempa hari ini di dasar laut, pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami.

“Tidak ada tanda-tanda tsunami mungkin terjadi akibat gempa, tetapi peringatan telah dikeluarkan,” kata pihak berwenang.

Untuk diketahui, negara Yunani dikenal sebagai tempat yang memiliki pulau yang berlimpah menfasilitasi turis telanjang. Di antara yang paling populer bagi wisatawan asing yang ingin bebas adalah Agrari, Paraga, dan Agios Sostis di Mykonos dan Antiparos, Naxos, dan Paros dekat Crete adalah salah satu pantai telanjang yang dianggap paling populer di Mediterania.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Berat Gendong, Pria Amerika Ini Tinggalkan Bayi Usia 5 Bulan di Hutan

Berat Gendong, Pria Amerika Ini Tinggalkan Bayi Usia 5 Bulan di Hutan

Bus Anti-Transgender Milik Kelompok Katolik CitizenGO Jelajahi Boston

Bus Anti-Transgender Milik Kelompok Katolik CitizenGO Jelajahi Boston

Berwewah-mewah di Ultah Liem Sioe Long

Berwewah-mewah di Ultah Liem Sioe Long

Gaza Kembali Gelap Gulita

Gaza Kembali Gelap Gulita

Presiden Sudan: CIA dan Mossad ada di Belakang Boko Haram dan ISIL

Presiden Sudan: CIA dan Mossad ada di Belakang Boko Haram dan ISIL

Baca Juga

Berita Lainnya