Sabtu, 23 Oktober 2021 / 17 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Thailand Luncurkan Bus Vaksinasi Covid-19 Keliling

People wait in front of a coronavirus disease (COVID-19) mobile vaccination bus set-up to serve the elderly and disabled groups in Bangkok, Thailand, September 8, 2021. REUTERS/Juarawee Kittisilpa
Bagikan:

Hidayatullah.com—Thailand meluncurkan bus vaksinasi Covid-19 di kota Bangkok guna menggalakkan program inokulasi di kalangan warga lansia dan kelompok rentan lainnya.

Dalam upaya untuk menjangkau mereka yang kesulitan untuk melakukan perjalanan jauh dari rumah mereka, pemerintah kota Bangkok menyediakan bus keliling yang dilengkapi dengan tim vaksinasi.

“Saya tidak bisa bepergian jauh, sulit bagi saya, tetapi (keberadaan bus) ini membuatnya jauh lebih mudah,” kata Manat Phumklahan, 58, seorang warga Bangkok pengguna kursi roda yang menerima suntikan pertamanya dari layanan vaksinasi keliling itu, seperti dilansir The Guardian Rabu (8/9/2021).

Seorang warga lain, Boonsak Suwannakij, 22, juga menegaskan manfaat bus tersebut.

“Saya termasuk kelompok rentan yang tinggal di sebuah distrik zona merah di Bangkok, lebih nyaman apabila ada (layanan bus) ini di daerah pemukiman,” ujarnya.

“Ini adalah yang pertama yang seperti ini … Kami sedang dalam proses untuk memperbanyak jumlahnya,” kata Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang memberi tahu sekelompok orang yang sedang menunggu giliran untuk disuntik di dalam bus, yang diparkir di samping kuil Buddha Thepnaree.

Kwanmuang mengatakan satu bus hanya membutuhkan lima atau enam orang untuk mengoperasikannya – pengemudi, tiga petugas medis yang menyuntikkan vaksin dan dua lainnya menangani berkas dokumen. Skema ini dapat menginokulasi lebih dari 1.000 individu per hari, katanya. Setelah prosedurnya selesai, bus dapat bergerak ke lokasi yang berbeda setiap hari. 

Vaksinasi Covid-19 di Thailand dimulai lebih lambat daripada sejumlah negara tetangga. Sekitar 16,5% dari 72 juta penduduk negara itu sudah divaksinasi lengkap.

Negara ini telah melaporkan lebih dari 1,3 juta infeksi dan lebih dari 13.500 kematian terkait coronavirus, kebanyakan kasus terjadi sejak April.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

PBB: Afrika Timur Terancam Kelaparan karena Hama Belalang

PBB: Afrika Timur Terancam Kelaparan karena Hama Belalang

AS Meminta Militer Mesir Tahan Diri

AS Meminta Militer Mesir Tahan Diri

Obama Nonton Bareng Perburuan Bin Ladin

Obama Nonton Bareng Perburuan Bin Ladin

Jumlah Pengungsi Resmi Suriah Tembus Angka 4 Juta

Jumlah Pengungsi Resmi Suriah Tembus Angka 4 Juta

Tunawisma di Uni Eropa Naik, Kecuali Finlandia

Tunawisma di Uni Eropa Naik, Kecuali Finlandia

Baca Juga

Berita Lainnya