Senin, 6 Desember 2021 / 30 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Melonggarkan blokade, salah satu cara Zionis ‘Israel’ redam ketegangan di Jalur Gaza

Bagikan:

Hidayatullah.com—“Israel” mengatakan akan mengizinkan lebih banyak barang dan peralatan untuk memasuki Jalur Gaza yang terkepung untuk proyek-proyek sipil dan internasional. Hal itu dalam upaya meredakan ketegangan yang telah meningkat selama beberapa hari, lansir Al Jazeera.

Pengumuman itu muncul setelah ratusan warga Palestina berdemonstrasi pada hari Rabu (25/08/2021) di dekat penghalang pemisahan “Israel”, menyerukan Zionis “Israel” untuk mengurangi blokade yang melumpuhkan beberapa hari setelah pertemuan serupa berakhir dengan tindakan keras mematikan oleh tentara “Israel”.

Hamas, yang memimpin di Gaza, mencegah massa mendekati tembok pembatas, dan protes berakhir tanpa terulangnya kekerasan hari Sabtu (22/08/2021) yang menyebabkan satu orang Palestina tewas dan seorang polisi “Israel” terluka parah.

Badan kementerian pertahanan yang bertanggung jawab atas penyeberangan “Israel” dengan wilayah Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam bahwa pihaknya akan meningkatkan impor kendaraan, barang dan peralatan baru untuk proyek-proyek sipil di Jalur Gaza, dan mengeluarkan lebih banyak izin untuk pengusaha Palestina dari Gaza ke memasuki “Israel” mulai Kamis (26/08/2021).

Pelonggaran pembatasan akan “bergantung pada pelestarian keamanan kawasan yang berkelanjutan,” dan dapat diperluas lebih lanjut jika situasi perbatasan membaik, kata badan yang dikenal sebagai COGAT.

Para pejabat Hamas mengatakan Mesir juga akan membuka kembali sebagian penyeberangan perbatasan utamanya dengan Jalur Gaza pada Kamis.

Mesir telah berusaha menengahi gencatan senjata jangka panjang antara kedua belah pihak sejak serangan 11 hari Zionis “Israel” di Jalur Gaza pada Mei yang menewaskan sedikitnya 260 warga Palestina, termasuk 67 anak-anak, dan 13 orang di “Israel”.

Zionis “Israel” dan Mesir memberlakukan blokade yang menghancurkan di Gaza setelah Hamas memenangkan pemilihan dan mulai memerintah wilayah itu pada 2007.*

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Gereja Orthodoks Armenia Istanbul Dirampok

Gereja Orthodoks Armenia Istanbul Dirampok

Vaksin Zifivax

Zimbabwe Larang Warganya yang Belum Divaksinasi Mengikuti Kebaktian Gereja

Belanda Pusing Cari Cara Manusiawi Sembelih Ayam

Belanda Pusing Cari Cara Manusiawi Sembelih Ayam

Mnangagwa Memenangkan Pemilihan Umum Zimbabwe

Mnangagwa Memenangkan Pemilihan Umum Zimbabwe

AS Tangkap Dua Imam Masjid

AS Tangkap Dua Imam Masjid

Baca Juga

Berita Lainnya