Selasa, 30 November 2021 / 24 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Erdogan Mendukung Resolusi Damai untuk Konflik Tigray di Ethiopia

Recep Tayyip Erdogan
Bagikan:

Hidayatullah.com– Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendukung resolusi damai untuk konflik Tigray di Ethiopia. Konflik tersebut telah menelantarkan puluhan ribu orang dan membuat jutaan orang kelaparan.

Dia juga mengatakan Turki bersedia menengahi antara Ethiopia dan Sudan untuk menyelesaikan sengketa perbatasan yang terpisah, lansir Al Jazeera.

Erdogan mengatakan kepada Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed yang sedang berkunjung pada hari Rabu (18/08/2021) bahwa “perdamaian dan integritas negara yang dilanda perang itu penting bagi kami”.

“Jika situasinya memburuk, semua negara di kawasan itu akan terpengaruh,” kata Erdogan pada penampilan media bersama dengan Abiy.

Etiopia Utara telah dilanda pertempuran sejak November lalu ketika Abiy mengirim pasukan untuk menggulingkan Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF), partai yang memerintah di kawasan itu pada saat itu.

Puluhan ribu orang Etiopia melarikan diri ke kamp-kamp pengungsi di Sudan untuk menghindari konflik yang menurut PBB telah mendorong 400.000 orang ke dalam kondisi seperti kelaparan.

Pada bulan Juli, PBB memperingatkan bahwa lebih dari 100.000 anak di Tigray dapat menderita kekurangan gizi yang mengancam jiwa dalam 12 bulan ke depan.

Ankara dan Addis Ababa memiliki hubungan persahabatan dan kedua pemimpin berjanji untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan.

Abiy mengatakan hubungan kedua negara dibangun di atas “saling menghormati dan percaya”.

Erdogan dan Abiy mengawasi penandatanganan perjanjian militer, termasuk kesepakatan kerjasama keuangan militer. Rincian kesepakatan tidak segera tersedia.

Erdogan, yang menjadi tuan rumah Jenderal Abdel Fattah Abdelrahman al-Burhan, ketua Dewan Kedaulatan Sudan, di Ankara pekan lalu, juga mengatakan Turki siap berkontribusi menuju penyelesaian damai perselisihan antara Ethiopia dan Sudan atas wilayah al-Fashaga.

“Kami siap memberikan kontribusi apa pun untuk penyelesaian masalah secara damai, termasuk mediasi,” katanya.

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Pemimpin Hamas Khaled Misy’al  Bertemu Erdogan, Amerika Galau

Pemimpin Hamas Khaled Misy’al Bertemu Erdogan, Amerika Galau

Pelajar Amerika yang Dicurigai Buat Bom dapat Hadiah Umroh

Pelajar Amerika yang Dicurigai Buat Bom dapat Hadiah Umroh

Rusia Laporkan Penularan Pertama Virus Flu Burung Strain H5N8 ke Manusia

Rusia Laporkan Penularan Pertama Virus Flu Burung Strain H5N8 ke Manusia

Direktur Intelijen Nasional AS Mengundurkan Diri

Direktur Intelijen Nasional AS Mengundurkan Diri

Alphabet dan Telkom Kenya 2019 Terbangkan Balon Internet

Alphabet dan Telkom Kenya 2019 Terbangkan Balon Internet

Baca Juga

Berita Lainnya