Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

‘Uni Eropa Harus Berbicara dengan Taliban; Mereka Memenangkan Perang’

Uni Eropa Taliban
Kantor pusat Uni Eropa di Brussels, Belgia.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa blok Eropa harus berbicara dengan gerakan Taliban di Afghanistan karena mereka telah memenangkan perang di sana, lapor Anadolu Agency.

“Taliban telah memenangkan perang, jadi kita harus berbicara dengannya, untuk terlibat dalam dialog sesegera mungkin untuk mencegah bencana kemanusiaan dan migrasi potensial serta krisis kemanusiaan,” kata Borrell pada Selasa (17/08/2021) malam. setelah pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa. Blok itu akan berurusan dengan “otoritas Afghanistan seperti mereka” tetapi akan tetap “waspada”, lansir Middle East Monitor.

Dia menjelaskan, bagaimanapun, bahwa Uni Eropa tidak akan bekerja sama dengan pemerintah Afghanistan baru “kecuali memberikan penyelesaian damai dan komprehensif dan menghormati hak-hak dasar semua warga Afghanistan, termasuk perempuan, pemuda dan orang-orang yang termasuk minoritas”.

Prioritas paling mendesak dari blok tersebut, tambah Borrell, adalah untuk memastikan keberangkatan yang aman dari warga negara Uni Eropa dan warga Afghanistan yang telah bekerja dengan blok tersebut atau negara-negara anggotanya selama 20 tahun terakhir.

Pejabat senior juga mengumumkan bahwa Uni Eropa akan menangguhkan pembayaran pembangunan ke Afghanistan sampai dapat “mengklarifikasi situasi” dengan Taliban.

Para menteri dalam negeri Uni Eropa akan mengadakan pertemuan luar biasa pada hari Rabu (18/08/2021) untuk membahas pendekatan blok tersebut terhadap potensi krisis migrasi.

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

selandia baru, genosida

Selandia Baru Menolak Menyebut Perlakuan China terhadap Muslim Uighur sebagai Genosida

Israel Perbolehkan Lakukan Perjalanan ke Saudi

Israel Perbolehkan Lakukan Perjalanan ke Saudi

Gereja Anglikan Terpecah Sikapi Homoseksualitas

Gereja Anglikan Terpecah Sikapi Homoseksualitas

Pemimpin Arab akan Bahas Rencana Perundingan Palestina-Israel

Pemimpin Arab akan Bahas Rencana Perundingan Palestina-Israel

Bosnia Pindahkan Migran dari Bihac ke Tempat Pembuangan Sampah

Bosnia Pindahkan Migran dari Bihac ke Tempat Pembuangan Sampah

Baca Juga

Berita Lainnya