Ahad, 28 November 2021 / 22 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Diserang Roket dari Wilayah Lebanon, ‘Israel’ Lapor Dewan Keamanan PBB

Bagikan:

Hidayatullah.com—“Israel” telah mengajukan keluhan resmi pada hari Jum’at (06/08/2021) atas Lebanon kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal itu terkait serangan roket yang diluncurkan dari wilayah Libanon yang menargetkan situs-situs “Israel”, lansir Middle East Monitor.

Ini datang dalam dua surat identik yang disampaikan oleh perwakilan Zionis “Israel” untuk PBB Gilad Erdan, kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Presiden Dewan Keamanan TS Tirumurti.

“Jelas bahwa Hizbullah dan organisasi teroris lainnya berusaha mengalihkan perhatian dari peran aktif mereka dalam menarik Lebanon dalam krisis saat ini dengan menyerang warga sipil ‘Israel’,” kata Erdan dalam surat tersebut.

Dia mengutuk: “Penembakan roket minggu ini dari Lebanon ke ‘Israel’, yang melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701.”

Erdan menyatakan: “Serangan minggu ini telah ditambahkan ke serangkaian serangan teroris dan penembakan roket dari Lebanon ke ‘Israel’ dalam tiga bulan terakhir, dalam situasi yang tidak dapat diterima yang dapat merusak stabilitas kawasan.”

“Serangan baru-baru ini dan meningkatnya ketegangan di kawasan itu, diperburuk oleh aktivitas Iran dan upayanya untuk mempersenjatai sekutunya, terutama Hizbullah, sekali lagi menunjukkan kebutuhan mendesak untuk menerapkan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1701,” klaim Erdan.

Resolusi 1701, diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB pada Agustus 2006, menyerukan diakhirinya semua permusuhan antara Lebanon dan “Israel”, menyusul pecahnya konfrontasi antara kedua belah pihak pada Juli tahun yang sama.

Diplomat “Israel mendesak Dewan Keamanan PBB untuk secara tegas mengutuk pelanggaran berat ini dan menuntut mempertimbangkan agresi baru-baru ini selama pembahasan berikutnya tentang Resolusi Dewan Keamanan 1701.

Dia menekankan bahwa tindakan Hizbullah dan organisasi teroris lainnya, serta kegagalan pemerintah Lebanon untuk mencegah praktik ini, akan menimbulkan kekacauan dan kehancuran di Lebanon.

“Sementara ‘Israel’ tidak tertarik pada eskalasi, kami tidak akan mengizinkan serangan terhadap warga sipil ‘Israel’,” pejabat Zionis “Israel” menyatakan, mencatat bahwa: “‘Israel’ tidak akan punya pilihan selain untuk menanggapi dan membongkar infrastruktur teroris Hizbullah yang mengancam keamanan ‘Israel’ dan kehidupan warganya.”

Sebelumnya pada hari Jum’at (06/08/2021), Hizbullah mengumumkan tanggung jawabnya untuk menembakkan rudal di “lahan terbuka di sekitar lokasi pendudukan ‘Israel’ di Shebaa Farms,” sebagai tanggapan atas serangan udara Zionis “Israel” di lokasi terbuka di Lebanon pada Kamis (05/08/2021) malam.

Sementara itu, Juru Bicara tentara “Israel” Avichay Adraee menegaskan: “Hizbullah menembakkan 19 roket dari utara Shebaa, tiga di antaranya mendarat di Lebanon dan enam rudal lainnya di daerah terbuka tanpa menimbulkan korban,” menambahkan bahwa sepuluh peluru dicegat.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Iran akan Menutup Kerugian Mereka dengan Mengeksploitasi SDA Suriah

Iran akan Menutup Kerugian Mereka dengan Mengeksploitasi SDA Suriah

Tebang Pohon di Hutan Tertua Eropa, Polandia Hadapi Denda Besar

Tebang Pohon di Hutan Tertua Eropa, Polandia Hadapi Denda Besar

Oposisi Syiah Iraq Desak Saudi-Iran Lakukan Dialog

Oposisi Syiah Iraq Desak Saudi-Iran Lakukan Dialog

Polisi Gendut India Diultimatum, Turunkan Berat Badan atau Dipecat

Polisi Gendut India Diultimatum, Turunkan Berat Badan atau Dipecat

Afganistan dan Taliban Gencatan Senjata selama Idul Adha

Afganistan dan Taliban Gencatan Senjata selama Idul Adha

Baca Juga

Berita Lainnya