Kamis, 9 Desember 2021 / 4 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

Tokyo Mencapai Rekor Kasus Covid Tertinggi Beberapa Hari setelah Olimpiade Dimulai

Mike Egerton/Getty Images
Bagikan:

Hidayatullah.com — Tokyo telah melaporkan jumlah tertinggi infeksi virus corona baru Covid-19, hanya beberapa hari setelah dimulainya Olimpiade, lansir Al Jazeera.

Ibu kota Jepang mengkonfirmasi 2.848 kasus Covid-19 baru pada hari Selasa (27/07/2021), melebihi rekor sebelumnya 2.520 kasus pada 7 Januari, dan menjadikan total kota menjadi lebih dari 200.000 sejak pandemi dimulai tahun lalu.

Tokyo berada di bawah keadaan darurat keempat, yang akan berlanjut melalui Olimpiade sampai tepat sebelum Paralimpiade dimulai pada akhir Agustus.

Para ahli telah memperingatkan bahwa Covid-19 varian Delta yang lebih menular dapat menyebabkan lonjakan selama Olimpiade, yang upacara pembukaannya berlangsung pada hari Jum’at (23/07/2021).

Mereka mencatat bahwa kasus di antara orang yang lebih muda dan tidak divaksinasi meningkat tajam karena dorongan inokulasi Jepang kehilangan tenaga karena ketidakpastian pasokan. Banyak kasus serius melibatkan mereka yang berusia 50-an. Mereka sekarang mendominasi hampir 3.000 pasien rawat inap di Tokyo dan secara bertahap mengisi tempat tidur yang tersedia.

Andy Richardson dari Al Jazeera, melaporkan dari Tokyo, mengatakan penyelenggara Olimpiade ingin memisahkan acara tersebut dari jumlah kasus terbaru.

Mereka mengatakan mereka berada dalam “gelembung terpisah dan apa yang terjadi di wilayah metropolitan tidak ada hubungannya dengan [olimpiade],” kata Richardson.

‘Pesan Tidak Konsisten’

Kenji Shibuya, mantan direktur Institute for Population Health di King’s College London, mengatakan tidak mungkin untuk mengukur sejauh mana Olimpiade berkontribusi terhadap lonjakan tersebut tetapi menyalahkan pameran olahraga global sebagai “salah satu kekuatan pendorong utama”.

“Pemerintah telah mengirimkan sinyal bahwa orang-orang seharusnya tinggal di rumah, pada saat yang sama mereka merayakan Olimpiade. Ini adalah pesan yang sama sekali tidak konsisten,” kata Shibuya, yang sekarang menjalankan peluncuran vaksin di sebuah kota di Jepang utara.

Upaya vaksinasi Jepang dimulai terlambat dan perlahan tetapi meningkat secara dramatis pada bulan Mei selama beberapa minggu karena pasokan vaksin impor stabil dan pemerintah Perdana Menteri Yoshihide Suga mendorong untuk menyuntik lebih banyak orang sebelum Olimpiade.

Pemerintah mengatakan 25,5 persen orang Jepang telah divaksinasi lengkap, masih di bawah tingkat yang diyakini memiliki dampak berarti dalam mengurangi risiko bagi populasi umum.

Namun, Jepang telah mempertahankan kasus dan kematiannya jauh lebih rendah daripada banyak negara lain. Secara nasional, telah melaporkan 870.445 kasus dan 15.129 kematian pada hari Senin.

“Frustrasi di antara orang-orang … adalah bahwa alasan angka-angka itu rendah sampai saat ini adalah karena pengorbanan yang mereka buat, bukan karena kebijakan pemerintah – dan mereka mendapatkan pesan yang beragam ini,” kata Richardson.

Pemerintah telah dikritik karena apa yang dikatakan beberapa orang memprioritaskan Olimpiade daripada kesehatan negara. Peringkat dukungan publik Suga telah turun menjadi sekitar 30 persen dalam survei media baru-baru ini, dan ada sedikit perayaan seputar Olimpiade.

Masa jabatan Suga sebagai presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa berakhir pada September dan koalisi pimpinan LDP menghadapi pemilihan majelis rendah parlemen yang kuat, yang harus diadakan pada November.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Lagi, Pemberontak Al-Houthi Yaman Serang Bandara Arab Saudi

Lagi, Pemberontak Al-Houthi Yaman Serang Bandara Arab Saudi

Turki Lancarkan 61 Serangan ke Utara Suriah dalam 24 Jam

Turki Lancarkan 61 Serangan ke Utara Suriah dalam 24 Jam

Pemerintah Thailand Fasilitasi Pelatihan Halal

Pemerintah Thailand Fasilitasi Pelatihan Halal

Bikin Celaka, Samsung Tarik 2,8 Juta Mesin Cuci Bukaan Atas dari Peredaran

Bikin Celaka, Samsung Tarik 2,8 Juta Mesin Cuci Bukaan Atas dari Peredaran

Mulai Hari Selasa Semua Masjid di Iran Dibuka Sementara

Mulai Hari Selasa Semua Masjid di Iran Dibuka Sementara

Baca Juga

Berita Lainnya