Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

Menolak Bertanding dengan ‘Israel’, Judoka Sudan Mundur dari Olimpiade Tokyo

judoka sudan
judoka sudan
Bagikan:

Hidayatullah.com — Judoka Sudan Mohamed Abdalrasool telah mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo setelah absen dari pertandingan melawan judoka ‘Israel’.

Abdalrasool akan menghadapi Tohar Butbul dari ‘Israel’ di kelas 73 kg putra hari ini, namun ia tidak muncul meskipun sebelumnya sudah ditimbang.

Yayasan Judo Internasional (IJF) belum segera mengumumkan alasan Abdalrasool tidak bertanding. Surat kabar The Guardian mengatakan badan pengatur dan pihak Olimpiade dari Sudan belum memberikan komentar mengenai situasi tersebut.

Mundurnya judoka Sudan ini menyusul rekan judoka dari Aljazair, Fethi Nourine. Nourine lebih dahulu mengundurkan diri dari Olimpiade pada pekan lalu untuk menghindari kemungkinan bertanding melawan Butbul.

“Kami bekerja keras untuk mencapai Olimpiade,” katanya, “tetapi tujuan Palestina lebih besar dari semua ini.” Keputusan itu, tambahnya, adalah “final”.

Nourine juga menolak untuk bermain melawan Butbul pada 2019 ketika ia menarik diri dari kejuaraan Dunia Judo. Dia mengatakan bahwa dukungan politiknya untuk perjuangan Palestina membuatnya tidak mungkin untuk bertanding dengan orang ‘Israel’.

IJF menanggapi dengan menangguhkan Nourine dan pelatihnya, Amar Benikhlef, yang mengatakan: “Kami tidak beruntung dengan undian. Kami mendapat lawan ‘Israel’ dan itulah mengapa kami harus mundur. Kami membuat keputusan yang tepat.”

Dilansir Middle East Monitor (27/07/2021), IJF mengatakan posisi Nourine “berlawanan penuh dengan filosofi Federasi Judo Internasional.”

“IJF memiliki kebijakan non-diskriminasi yang ketat, mempromosikan solidaritas sebagai prinsip utama, diperkuat oleh nilai-nilai judo,” tambahnya.

Ini bukan pertama kalinya politik dan Olimpiade bertabrakan. Pada pertandingan 2004 di Athena, juara dunia Iran saat itu Arash Mirasmaeili menolak untuk melawan judoka Israel Ehud Vaks, mendapatkan pujian dari Teheran. Di Rio de Janeiro pada tahun 2016, judoka Islam Mesir El Shehaby dipulangkan setelah menolak untuk berjabat tangan dengan pemain Israel Or Sasson ketika pertarungan mereka berakhir.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Karadzic Boikot Pengadilan Terhadap Dirinya

Karadzic Boikot Pengadilan Terhadap Dirinya

Berdalih Membantu, Ujungnya Minta Imbalan Minyak Somalia

Berdalih Membantu, Ujungnya Minta Imbalan Minyak Somalia

AS Keluarkan Ancaman Pada Suria

AS Keluarkan Ancaman Pada Suria

Muslim Diserang Kelompok Rasis Bulgaria

Muslim Diserang Kelompok Rasis Bulgaria

Pemberontak Umumkan Pembebasan Libya

Pemberontak Umumkan Pembebasan Libya

Baca Juga

Berita Lainnya