Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

‘Israel’ Mulai Buka Penerbangan ke Maroko setelah Meningkatkan Hubungan

Bagikan:

Hidayatullah.com — El Al Israel Airlines pada hari Ahad (25/07/2021) penerbangan langsung ke Marrakesh dari Tel Aviv. Hal itu menyusul dimulainya hubungan dimulai tahun lalu antara Maroko dan “Israel”, lapor Reuters.

Penerbangan 553 lepas landas pada pukul 11:35 (0835 GMT) menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliner untuk perjalanan enam jam.

“Israel” dan Maroko memulai Desember lalu untuk melanjutkan hubungan bagian dari penerbangan dan penerbangan langsung – dari kesepakatan yang ditengahi oleh Amerika Serikat yang juga mencakup pengakuan Washington atas atas Sahara Barat.

“Rute ini akan membantu mendorong pariwisata, perdagangan dan kerjasama ekonomi antara kedua negara,” kata Menteri Pariwisata Yoel Razvozov, lansir Middle East Monitor.

El Al, maskapai penerbangan “Israel” yang merugi selama pandemi Covid-19, mengatakan akan mengoperasikan hingga lima minggu ke Maroko, beralih ke pesawat Boeing 737 yang lebih kecil.

Maroko adalah rumah bagi satu komunitas Yahudi terbesar dan paling makmur di Afrika Utara dan Timur Tengah selama berabad-abad hingga berdirinya Zionis “Israel” pada 1948. Diperkirakan seperempat juta meninggalkan “Israel” dari 1948-1964.

Saat ini hanya sekitar 3.000 orang Yahudi yang tersisa di Maroko, sementara ratusan ribu orang “Israel” mengklaim beberapa keturunan Maroko.

Pejabat Maroko kesepakatan mereka dengan Zionis “Israel”, termasuk pembukaan kantor penghubung, sebagai pemulihan hubungan tingkat menengah yang dilakukan Rabat pada tahun 2000 dalam solidaritas dengan Palestina.

Pada bulan Maret, Menteri Pariwisata Maroko Nadia Fettah Aloui mengatakan dia mengharapkan 200.000 pengunjung “Israel” di tahun setelah dimulainya penerbangan langsung. Itu dibandingkan dengan sekitar 13 juta total turis asing setahun sebelum pandemi.

Pendapatan pariwisata di Maroko turun 53,8% menjadi 36,3 miliar dirham ($3,8 miliar) pada tahun 2020.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Serangan Cairan Asam Mengancam Wanita Iran yang Dianggap Berjilbab Buruk

Serangan Cairan Asam Mengancam Wanita Iran yang Dianggap Berjilbab Buruk

Taliban Culik Komedian Pakistan

Taliban Culik Komedian Pakistan

Presiden FIFA: Iran segera beri akses wanita ke stadion

Presiden FIFA: Iran segera beri akses wanita ke stadion

Xenofobia Merebak, Warga Afsel Menjarah Barang Milik Orang Asing

Xenofobia Merebak, Warga Afsel Menjarah Barang Milik Orang Asing

Kashmir Pakistan India

Pakistan Sambut ‘Penegasan Kembali’ PBB tentang Sengketa Kashmir

Baca Juga

Berita Lainnya