Rabu, 20 Oktober 2021 / 13 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Masjid dan Surau di Brunei Gelar Doa dan Shalat Sunnah Peringati Hari Jadi Sultan Hassanal Bolkiah ke-74

Sultan Hassanal Bolkiah bersama permaisuri
Bagikan:

Hidayatullah.com—Di saat negara di dunia bergelut dengan pandemi, Brunei Darussalam salah satu negara ASEAN yang berhasil menekan angka kasus Covid-19.  Pekan lalu, rakyat menggelar peringatan ulang tahun ke-75 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

Dalam titahnya, sultan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengirim ucapan. Dia juga mengingatkan, situasi pandemi harus menjadi kewaspadaan bagi negerinya.

“Tak lupa saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada saya dan keluarga sehubungan dengan perayaan ini,” ujar Sultan Hassanal Bolkiah. “Kita semua sangat menyadari, bahwa dunia masih menghadapi wabah virus corona yang berdampak negatif terhadap perekonomian dunia, dengan masalah sosial yang juga terus meningkat, seperti pengangguran, konflik politik dan lain-lain. Situasi ini harus kita lihat sebagai pelajaran, agar kita bisa melangkah maju dengan lebih waspada, “ tambahnya.

Peringatan juga dilakukan dengan upacara syukuran, sholat hajat oleh warga. Beberapa masjid dan surau-surau juga menggelar acara doa.

“Doa kesyukuran berbarengan dengan HUT Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar ‘Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien ke-74, Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam akan dilaksanakan pada Selasa malam Rabu, 23 Zulkaedah 1441H setara 14 Juli 2020M dengan fokus utama di Jami’ Asr Hassanil Bolkiah, Kampung Kiarong,” kutip laman Brudirect.

Di antara masjid jami’ yang menggelar doa adalah; Masjid Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan; Masjid Hassanal Bolkiah, Kampung Mentiri; Masjid Al-Ameerah Al-Hajjah Maryam, Desa Jerudong; Masjid Mohamed Bolkiah, Kampung Serusop; Masjid Sultan Syarif Ali, Kampung Sengkurong; Masjid Al-Muhtadee Billah, Kampung Sungai Kebun; Masjid Setia Ali, Pekan Muara; dan Masjid Perpindahan Lambak Kanan, RPN Lambak Kanan untuk Distrik Brunei Muara.

“Marilah kita semua menghadiri masjid, surau dan balai ibadah di seluruh negeri dengan mendoakan raja tercinta agar panjang umur dan tetap istiqomah memerintah Brunei Darussalam dalam suasana damai dan tentram selalu,” tulis Brudirect, sebuah media Brunei.

Peringatan ulang tahun ke-75 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah juga digelar di Lapangan Istana Kesultanan. “Beberapa ambulans dan 100 personel medis dikerahkan untuk memastikan keamanan kerumunan,” kata seorang komandan ambulans Brunei Darussalam.

Dua klinik statis didirikan di Taman SOAS, sekitar Istana guna menangani keadaan darurat. Enam belas truk pemadam kebakaran dan perahu juga bersiaga, menurut Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Brunei Darussalam.

Dalam acara itu, diundang pula beberapa tamu undangan yang harus divaksinasi Covid-19 sesuai dengan protokol yang baru ditetapkan Kementerian Dalam Negeri Brunei. Pesta ini pun disebut hanya berskala kecil, mengingat risiko kesehatan Covid-19 masih dapat mengancam.

Pada tahun 2020, upacara militer dan penyerahan medali di istana Brunei Darussalam dibatalkan karena kekhawatiran yang berkelanjutan atas keamanan Covid. Tahun ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan acara publik, kecuali perjamuan kerajaan tahunan yang diadakan di istana.

Tidak hanya di dalam istana, ternyata banyak orang berkumpul di luar Istana untuk menyaksikan upacara tersebut. Untuk diketahui, saat ini Brunei Darussalam menjadi negara dengan minim kasus Covid-19. Minggu lalu, bahkan hanya ditemukan dua kasus baru.

Dua kasus baru itu, seperti dilansir dari The Scoop, Sabtu (17/7/2021), disebut berasal dari Warga Negara Indonesia berkunjung ke Brunei, pada 27 Juni 2021. Brunei Darussalam mencatat rekor terbaik di dunia dalam penanganan pandemi karena setelah ditelusuri hasilnya tidak ada kontak erat untuk kedua kasus baru itu.*

Rep: Ahmad
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Ekstremis Hindu India Masjid

Menyusul Ayodhya, Masjid India Ini Ditentang Ekstremis Hindu

Buruh Peternakan Ayam Eks Presiden Nigeria Diculik

Buruh Peternakan Ayam Eks Presiden Nigeria Diculik

Mesir Tutup Beberapa Akses Menuju Tahrir Square

Mesir Tutup Beberapa Akses Menuju Tahrir Square

Presiden Al Bashir akan Digulingkan Pemberontak Sudan

Presiden Al Bashir akan Digulingkan Pemberontak Sudan

Perusahaan California Tarik Sepatu Boot Bersol Swastika Made in China

Perusahaan California Tarik Sepatu Boot Bersol Swastika Made in China

Baca Juga

Berita Lainnya