Selasa, 7 Desember 2021 / 2 Jumadil Awwal 1443 H

Internasional

Jurnalis Palestina Mengecam BBC karena ‘Tunduk kepada Kelompok Pro-Israel’

bbc pro israel
bbc pro israel
Bagikan:

Hidayatullah.com — Mantan jurnalis BBC Tala Halawa mengecam perusahaan itu atas apa yang dia katakan sebagai ketundukan kepada kelompok-kelompok pro-“Israel”. Ia juga mengatakan saluran tersebut mengambil bagian dalam pembunuhan karakternya beberapa minggu setelah pemecatannya, lansir The New Arab.

Dalam sebuah pernyataan yang dia posting di media sosialnya – yang dia tulis dalam bahasa Inggris dan Arab – Halawa memecah kebisuannya dengan mengkritik BBC yang mengambil bagian dalam “tren intimidasi dengan itikad buruk terhadap wartawan,” menambahkan bahwa hal ini adalah bias institusional yang pro-“Israel”.

“Saya sedih bahwa BBC, alih-alih mencari jalan untuk permintaan maaf, rekonsiliasi, dan dialog, sayangnya memilih untuk diadili dengan media sosial,” tulisnya.

Halawa dipecat sepihak bulan lalu karena tweet yang diklaim anti-Semit yang dia posting selama pemboman Zionis “Israel” di Gaza pada tahun 2014, tiga tahun sebelum bergabung dengan BBC.

Dia meminta maaf atas tweet itu, mengakui bahwa twit itu kelewat batas dan mengatakan dia amat marah ketika dia menulis kata-kata itu.

“Saya adalah seorang wanita muda Palestina yang men-twit di saat-saat yang panas ketika saya menyaksikan kematian yang mengerikan dan tidak pantas disambut dengan keheningan media internasional.”

Halawa, yang bekerja di BBC selama empat tahun, mengatakan serangan terhadapnya berkaitan dengan dia sebagai seorang Palestina dan seorang wanita kulit berwarna.

“Saya baru-baru ini menerbitkan sebuah laporan video untuk perusahaan tentang selebriti yang dikritik, dikendalikan dan dibatalkan karena mendukung penentuan nasib sendiri Palestina. Tapi saya tidak sendirian,” tulisnya.

“Kampanye sensor pro-‘Israel’ ini berskala industri dan jangkauannya internasional.”

Wartawan itu mengakhiri postingannya dengan mengatakan bahwa dia akan terus bersikap tidak memihak, profesional, dan memperjuangkan jurnalisme yang jujur dan berani, seperti yang dia lakukan di organisasi tersebut.

The New Arab menghubungi BBC untuk memberikan komentar tetapi tidak menerima tanggapan pada saat dicetak.

Banyak selebritas A-list menyatakan solidaritas dengan Palestina dan berbagi posting aktivis untuk menyoroti serangan militer Zionis “Israel” di Gaza pada bulan Mei, yang menyebabkan ratusan tewas dan ribuan terluka.

Ini adalah pertama kalinya sejumlah besar nama besar di Hollywood dan di seluruh dunia mulai menjelaskan masalah Palestina.

Namun, banyak dari mereka kemudian mengurangi dukungan mereka dan bahkan mulai menghapus postingan setelah memancing kemarahan dari kelompok pro-“Israel”.

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Pengadilan Prancis Larang Polisi Gunakan Drone Pantau Demonstrasi

Pengadilan Prancis Larang Polisi Gunakan Drone Pantau Demonstrasi

Tersangkut Dieselgate CEO Audi Ditahan Polisi Jerman

Tersangkut Dieselgate CEO Audi Ditahan Polisi Jerman

Setelah Roma, Kini Sri Lanka akan Larang Rok Mini

Setelah Roma, Kini Sri Lanka akan Larang Rok Mini

Negara-Negara Barat Percepat Evakuasi dari Afghanistan, Meski Taliban Janjikan Perdamaian

Negara-Negara Barat Percepat Evakuasi dari Afghanistan, Meski Taliban Janjikan Perdamaian

“Kalian Hizbiyun…”

“Kalian Hizbiyun…”

Baca Juga

Berita Lainnya