Senin, 27 September 2021 / 20 Safar 1443 H

Internasional

Setelah Viral, Inisiatif ‘Bendera Putih’ Lain Makin Banyak Bermunculan di Malaysia

Warga Malaysia terdampak Covid-19 mengibarkan 'Bendera Putih' tanda sudah tidak ada bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari (FMT)
Bagikan:

Hidayatullah.com — Melalui #BenderaPutih, kampanye ‘Bendera Putih’ merupakan inisiatif warga Malaysia untuk membantu mereka yang putus asa dan membutuhkan bantuan pangan setelah dalam menghadapi krisis ekonomi dan kesehatan pascapandemi Covid-19. Kampanye ini telah mendorong mereka yang mengalami kesulitan atau masalah keuangan dan bahan makanan untuk mencari bantuan tanpa rasa takut dan malu dengan cara mengibarkan bendera putih di depan rumah, sebagai tanda mereka membutuhkan bantuan segera.

Ide brilian ini banyak menuai pujian dari warga. Tidak membutuhkan waktu lama, gagasan ini akhirnya ditiru oleh beberapa lembaga bahkan individu yang ingin berbagi kebajikan membantu warga terdampak Covid-19.

Baca: ‘Bendera Putih’, Cara Keren Malaysia Bantu Sesama selama Pandemi Covid-19 Patut Ditiru

Lihat video di bawah ini;

Di bawah ini tambahan bantuan yang telah dilaporkan Free Malaysia Today.

MC Ocean Holding. Perusahaan yang menjual berbagai macam makanan dan kosmetik, mendesak mereka yang melihat bendera putih di depan rumah orang untuk menghubungi perwakilan perusahaan mereka di seluruh negeri.  Meskipun tidak menyebutkan bantuan yang diberikan, sebuah unggahan di akun media sosial mereka mengatakan bahwa perwakilan mereka akan melakukan yang terbaik untuk membantu warga terdampak.

99 Speedmart. Sebuah jaringan supermarket yang menyediakan 1.000 paket bantuan setiap hari untuk dikirim ke daerah sekitar lokasi. Bantuan berlaku mulai 1 hingga 14 Juli.

Perusahaan mendorong orang untuk mengirim pesan pribadi ke halaman Facebook mereka atau ke WhatsApp di 010-5000099 jika ada yang tahu mereka mengibarkan bendera putih.  Rincian seperti alamat rumah dan foto bendera putih di rumah harus disertakan bersama dengan pesan tersebut.

Vit’s.  Perusahaan ini menawarkan bantuan adalah produsen mie instan Vit’s, yang akan mengantarkan makanan ke rumah-rumah berbendera putih di 16 kawasan perumahan di Rawang hari ini dan besok. Pengiriman akan dilakukan dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Nook Café, Kinabalu.  Berbasis di ibukota Sabah, Nook Cafe telah membuka bank makanan untuk semua warga yang membutuhkan di daerah tersebut. Sebuah unggahan di halaman Instagram-nya meminta orang untuk mengambil apa yang mereka butuhkan dan menyumbang jika mereka mampu membelinya. Mereka hanya akan menerima sumbangan makanan dari mereka yang ingin menyumbang.

Ahmad Mizuan Ahamad Tekmezi. Pria 39 tahun itu mendirikan sebuah bank makanan di pintu masuk Kampung Tua di Tanjung Belanja, Perak, untuk memberikan bantuan sembako kepada warga sekitar, khususnya yang terdampak Covid-19.  Mereka yang tinggal di daerah itu bisa mendapatkan barang-barang penting seperti beras, minyak goreng, tepung, gula, dan mie.

FoodBank.Digital.  Program saat ini hanya terbuka untuk keluarga di Semenanjung dan setiap rumah tangga dapat mendaftar selama sebulan sekali. Makanan akan dikirim dalam dua hingga tiga hari kerja. Informasi lebih lanjut bisa klik di sini.

Órale’s Essentials Bank. Sebuah restoran di pusat Kota Damansara, meluncurkan sebuah bank makanan #OraleQuesa bagi mereka yang membutuhkan. Mampir ke restoran jika Anda butuh bantuan. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Twitter @ushardaniele.

#OpsHarapan2.1.  Organisasi ini dijalankan oleh relawan yang menargetkan bantuan kepada 2.000 keluarga miskin perkotaan di Kuala Lumpur dan Selangor, selain juga memberikan bantuan yang ditargetkan di Kelantan, Johor dan Pahang.

Hanya’s Food Bank. Perusahaan pakaian yang menyediakan bank makanan untuk membantu mereka yang membutuhkan di Kedah. Bank makanan ini terletak di Petronas Jalan Tanjung Bendahara.

Dengan setiap pembelian kotak RM50, laba akan disumbangkan ke bank makanan yang bersangkutan.

Setiap kotak makanan berisi barang-barang penting seperti makanan dan masker wajah.

HungerHurts Malaysia.  Sebuah organisasi pemuda yang didirikan untuk mengentaskan kemiskinan di Asia Tenggara. Bantuan Covid HungerHurts diluncurkan sebagai reaksi terhadap gerakan bendera putih dengan menjawab panggilan darurat dari individu dan keluarga di Semenanjung Malaysia dan Sabah.

Organisasi menerima tanggapan dari 300 aplikasi dalam waktu dua hari setelah meluncurkan kampanye bantuan online Covid. Aplikasi sekarang ditutup sementara untuk memproses aplikasi yang ada dan memastikan bantuan yang diperlukan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.*

Rep: Ahmad
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Meksiko Ekstradisi Kaki Tangan El Chapo ke AS

Meksiko Ekstradisi Kaki Tangan El Chapo ke AS

AS Tuduh Masjid Tempat Produksi Bom

AS Tuduh Masjid Tempat Produksi Bom

saham aramco saudi

Perusahaan Aramco Saudi Ambil Alih Kilang Minyak Terbesar di Amerika Serikat

Uskup Swiss Minta Maaf Kasus Pencabulan

Uskup Swiss Minta Maaf Kasus Pencabulan

Arab Saudi Kecam Pelanggaran HAM terhadap Muslim Rohingya, di Myanmar

Arab Saudi Kecam Pelanggaran HAM terhadap Muslim Rohingya, di Myanmar

Baca Juga

Berita Lainnya