Senin, 27 September 2021 / 20 Safar 1443 H

Internasional

Gunung Lumpur di Azerbaijan Meletus Dekat Kawasan Ladang Migas

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sebuah ledakan besar terlihat di lepas pantai Azerbaijan di Laut Kaspia, mengepulkan gumpalan asap hitam dan api ke langit.

Ledakan itu, yang meletus di daerah yang dipenuhi ladang minyak dan gas pada hari Ahad (4/7/2021), disebabkan oleh gunung berapi lumpur, kata pemerintah seperti dilansir BBC hari Senin.

Tidak ada ladang minyak yang rusak dan tidak ada orang yang terluka, imbuhnya.

Gunung berapi lumpur terbentuk di bawah tanah, terdiri dari air, mineral, dan gas yang mudah terbakar, yang dapat menyala ketika meletus.

Ledakan itu terjadi sekitar 10 km dari ladang gas Umid, di lepas pantai yang berjarak 75 km ibu kota Azerbaijan, Baku, kata juru bicara perusahaan minyak negara Socar Ibrahim Ahmadoc.

Api masih berkobar tetapi tidak mengancam infrastruktur minyak dan gas maupun kehidupan masyarakat, kata kementerian urusan kedaruratan Azerbaijan.

Kementerian itu mengatakan bahwa ledakan dan kobaran api disebabkan oleh gunung lumpur, yang memuntahkan lumpur dan gas yang mudah terbakar.

Dijuluki “Land of fire”, Azerbaijan terkenal dengan cadangan minyak dan gas alamnya yang kaya. Penjelajah Marco Polo pernah menulis tentang kebakaran yang terjadi di sana pada abad ke-13.

Sekitar 400 dari perkiraan 1.000 gunung lumpur yang ada di dunia terletak di Azerbaijan. (lihat video di bawah)

“Gunung lumpur di Azerbaijan merupakan salah satu yang terbesar dan paling ganas di dunia. Rata-rata ada beberapa letusan gunung lumpur besar setiap tahun, dan banyak di antaranya dapat menyebabkan kebakaran besar,” cuit Dr Mark Tingay, ahli geofisika di University of Adelaide, di Twitter.

Gunung lumpur mirip dengan gunung berapi biasa tetapi tanpa lava. Gunung itu terbentuk oleh air yang dipanaskan jauh di dalam Bumi yang bercampur dengan batu dan mineral – ketika gunung meletus, campuran ini terdorong ke permukaan dan dapat menimbulkan api.

Belum diketahui pasti bagaimana gunung lumpur dapat terbakar secara alami, satu teori mengatakan bahwa hal itu kemungkinan terjadi ketika campuran gas yang mudah terbakar tersulut oleh percikan dari batu yang bergesekan.

Ledakan di Azerbaijan itu menyusul kebakaran di permukaan laut di Teluk Meksiko, yang padam pada hari Jumat setelah terbakar selama lebih dari lima jam. Api diduga berasal dari kebocoran gas dari bawah air.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Kebun Binatang Barcelona: 4 Singa Positif Covid-19

Kebun Binatang Barcelona: 4 Singa Positif Covid-19

Presiden Putin Menolak Mewajibkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga Rusia

Presiden Putin Menolak Mewajibkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Warga Rusia

Amnesty: Amerika Sulut Pelanggaran HAM di Seluruh Dunia

Amnesty: Amerika Sulut Pelanggaran HAM di Seluruh Dunia

Ulama Hadits Syeikh Syu’aib al Arnaut Meninggal Dunia

Ulama Hadits Syeikh Syu’aib al Arnaut Meninggal Dunia

Tokoh Islam dan Yahudi Protes Islandia akan Larang Khitan

Tokoh Islam dan Yahudi Protes Islandia akan Larang Khitan

Baca Juga

Berita Lainnya