Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Geng Pencuri Rumah Selebriti di Prancis Masuk Bui

Bagikan:

Hidayatullah.com—Satu geng pencuri yang mengambil harta berharga dari rumah-rumah selebriti di Prancis dijebloskan ke dalam penjara.

Tujuh pria dan seorang wanita dituduh menarget rumah-rumah orang terkenal di Paris termasuk pesepakbola Thiago Silva, pada tahun 2018 dan 2019.

Kelompok pencuri itu mengambil perhiasan dan barang berharga lainnya yang diperkirakan mencapai nilai €4,2 juta ($5 juta).

Polisi meyakini geng tersebut memanjat bangunan dan masuk lewat jendela untuk melakukan aksi pencurian, lansir BBC. 

Tim penyelidik menemukan sejumlah barang hasil curian dan daftar bakal target geng itu ketika melakukan penggeledahan di sebuah flat di Paris, yang mengarahkan mereka pada penangkapan anggota geng tersebut pada tahun 2019.

Hari Rabu (30/6/2021), para terdakwa yang berusia antara 27 sampai 31 tahun dihukum kurungan berkisar satu hingga enam tahun.

Hukuman terberat enam tahun penjara diberikan kepada Abdelazim G dan Mohamed S, yang diberi julukan ‘The Cat’ karena kemahirannya dalam memanjat. Dia juga dinyatakan bersalah dalam dakwaan kepemilikan sebuah pistol yang ditemukan di mobilnya.

Lima pria lain divonis bersalah terlibat dalam aksi pencurian itu.

Satu-satunya terdakwa wanita dalam kasus itu diberi hukuman 18 bulan percobaan karena menyembunyikan barang curian dan kepemilikan senjata.

Seorang kuasa hukum dari Abdelazim G mengatakan kepada koran Le Figaro bahwa kliennya terdoga mendapatkan uang secara mudah dan dia menyesali perbuatannya.

Selebriti target para pencuri

Para sepakbola kaya yang bermain untuk klub papan atas Paris St-Germain termasuk target utama geng tersebut.

Penyerang Eric Maxim Choupo-Moting sedang bermain untuk Paris St-Germain di salah salah satu laga UEFA Champions League melawan Liverpool akhir November 2018, ketika barang-barang berharga sekitar €600.000 dicuri dari rumahnya. 

Tidak sampai sebulan kemudian, Thiago Silva – yang kala itu merupakan kapten PSG sebelum pindah ke Chelsea – baru pulang dari salah satu laga Liga Prancis ketika mendapati sejumlah perhiasan dan jam tangannya hilang. Barang-barang yang diambil dari rumahnya bernilai sekitar €1,2 juta.

Rekaman CCTV menunjukkan dua tersangka memanjat pipa pembuangan air dan memasuki rumah melalui sebuah jendela, sebelum membawa barang hasil curian dalam tas.

Korban lain dari geng tersebut termasuk penyanyi rap Prancis Booba, presenter televisi Patrick Sébastien, chef Jean-Pierre Vigato dan seorang warga negara Arab Saudi yang tidak disebutkan namanya.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Pakistan Tangkap Demonstran setelah Demo Pro-Kemerdekaan Kashmir

Pakistan Tangkap Demonstran setelah Demo Pro-Kemerdekaan Kashmir

Obama Umumkan Penarikan Pasukan dari Irak

Obama Umumkan Penarikan Pasukan dari Irak

American Airlines, berpuasa

Coba Berpuasa 1 Hari, CEO American Airlines: Hormat Saya untuk Muslim

Pengadilan Prancis Perintahkan Salib di Patung Paus Paulus II Dicopot

Pengadilan Prancis Perintahkan Salib di Patung Paus Paulus II Dicopot

Jurnalis Oposisi Iran Dijatuhi Hukuman Mati, Sikap Teheran jadi Sorotan Dunia

Jurnalis Oposisi Iran Dijatuhi Hukuman Mati, Sikap Teheran jadi Sorotan Dunia

Baca Juga

Berita Lainnya