Rabu, 26 Januari 2022 / 22 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

‘Israel’: Kesepakatan Normalisasi Trump Membuktikan Tidak Perlunya Proses Politik dengan Palestina

Bagikan:

Hidayatullah.com — Menteri Luar Negeri “Israel” dan Perdana Menteri Pengganti Yair Lapid mengatakan pada Selasa (29/06/2021) dorongan normalisasi antara “Israel” dan Arab oleh mantan Presiden AS Donald Trump membuktikan bahwa tidak perlu ada proses politik dengan Palestina.

Selama kunjungannya ke Abu Dhabi, di mana ia menghadiri peresmian kedutaan “Israel”, Lapid mengatakan: “Di sana [di bawah pemerintahan Trump] terkadang ada perasaan bahwa [normalisasi] datang alih-alih sesuatu. Mari kita lakukan ini untuk membuktikan bahwa kita tidak perlu melakukannya … untuk maju di depan Palestina.”

Menurut Times of Israel, Lapid mengatakan bahwa dia yakin bahwa pemerintahan Biden ingin memperluas Kesepakatan Abraham, yang diatur oleh pemerintahan Trump bersama dengan pemerintahan mantan Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu.

Selama kunjungannya ke UEA, Lapid berdiskusi dengan rekannyya dari Emirat Abdullah Bin Zayed tentang masalah internal Israel, terutama kondisi ekonomi dan hubungan Zionis “Israel”-Palestina.

The Jerusalem Post melaporkan bahwa dia memuji “tumpukan perjanjian ekonomi yang luar biasa besar [antara Israel dan UEA] terjadi dengan cepat yang akan mempengaruhi kehidupan semua orang ‘Israel’” dan akan membantu ekonomi “Israel” selama periode yang sulit.

Dia menandatangani perjanjian kerja sama ekonomi dengan Bin Zayed di akhir pertemuan mereka.

“Pada akhirnya, warga Palestina sendiri harus ingin bergerak maju agar orang lain datang dan membantu mereka… Itu tidak terjadi sekarang,” katanya tentang situasi mengenai pendudukan dan pembersihan etnis Palestina di Barat. Bank, Yerusalem Timur dan Gaza, lansir Middle East Monitor.

Perlu diketahui, empat negara Arab yaitu Bahrain, Uni Emirat Arab, Sudan dan Maroko melakukan normalisasi hubungan dengan Israel dengan dukungan pemerintah Trump pada 2020.

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Pasukan Prancis Membunuh Komandan Al-Qaeda Afrika Utara

Pasukan Prancis Membunuh Komandan Al-Qaeda Afrika Utara

Bil Gates, Pria Terkaya di Amerika

Bil Gates, Pria Terkaya di Amerika

Aljazair Mulai Produksi Jutaan Vaksin Covid-19 Sinovac

Aljazair Mulai Produksi Jutaan Vaksin Covid-19 Sinovac

Min Aung Hlaing dan Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi Dituduh Menyalahgunakan Lahan

Uang Tak Cukup Beli Bensin, Kota Roma Terancam Bangkrut

Uang Tak Cukup Beli Bensin, Kota Roma Terancam Bangkrut

Baca Juga

Berita Lainnya