Selasa, 30 November 2021 / 24 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Eropa Mengalami Lonjakan Infeksi Covid-19 Varian Delta dari India

Bagikan:

Hidayatullah.com–Infeksi Covid-19 kembali melonjak di Eropa setelah lebih dari dua bulan melandai. Peningkatan ini disebabkan varian Delta yang menyebar di Rusia dan Inggris.

Kedua negara itu mengalami kenaikan kasus baru terbanyak di Eropa. Selain itu penyebarannya juga tercepat dengan catatan lebih dari 1.000 kasus baru per hari.

Kantor Berita AFP menjelaskan pada Selasa (29/6/2021), Rusia mencatat 20.400 kasus per hari dalam tujuh hari terakhir. Angka ini naik 25 persen dari pekan lalu. Sementara Inggris merekam 16.400 kasus baru, naik 70 persen.

Otoritas Rusia dan Inggris menyebut varian Delta yang awalnya ditemukan di India mendominasi pada kasus baru.  Di Eropa secara keseluruhan, rata-rata infeksi Covid-19 sebanyak 56.800 per hari, naik 21 persen dibanding pekan lalu.

Kasus varian delta yang lebih menular dari virus corona lebih dari dua kali lipat minggu lalu di Jerman. Kemungkinan akan meningkat lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang.

Varian delta menyumbang sekitar 36% dari kasus pada minggu 15-20 Juni, naik 15% dari minggu sebelumnya, kata Lothar Wieler, presiden Robert Koch Institute (RKI). Dia mengatakan kepada pejabat bahwa varian itu sekarang sudah mewakili lebih dari 50% kasus yang terdaftar.

“Mengabaikan varian Delta akan menjadi kesalahan serius,” kata Perdana Menteri Negara Bagian Bavaria Markus Soder dikutip DW.

Kasus varian delta yang lebih menular dari virus corona lebih dari dua kali lipat minggu lalu di Jerman dan kemungkinan akan meningkat lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang.

“Mengabaikan varian Delta akan menjadi kesalahan serius,” kata Perdana Menteri Negara Bagian Bavaria Markus Soder kepada wartawan.

Jumlah kasus di Jerman naik 404 pada Senin menjadi 3.727.333. Korban tewas naik 57 menjadi 90.819, menurut data RKI.

Penonton Bola

Setidaknya 300 penggemar sepak bola Finlandia yang pergi ke pertandingan Euro 2020 telah terinfeksi COVID-19, menurut pejabat kesehatan di negara Eropa. Pihak berwenang memperkirakan bahwa antara 4.500 dan 6.000 orang melakukan perjalanan ke St. Petersburg Rusia untuk mendukung tim mereka.Para pejabat berusaha melacak semua penggemar.

Maskapai penerbangan dan bandara Eropa memperingatkan kekacauan dan antrean berjam-jam karena sertifikat Covid-19 Uni Eropa , kecuali jika negara-negara berhasil mengoordinasikannya dengan lebih baik .   “Ketika lalu lintas penumpang meningkat dalam beberapa minggu mendatang, risiko kekacauan di bandara Eropa adalah nyata,” kata sebuah kelompok yang mewakili maskapai penerbangan.

Pada 12-18 Juni kasus baru sempat turun sampai ke titik terendah di Eropa sejak September 2020, yakni 46 ribu per hari.  Kendati kasus baru naik di Rusia dan Inggris, beberapa negara Eropa lain justru mengalami penurunan.

Misalnya Prancis mendapatkan 1.820 kasus baru harian selama sepekan, ini 23 persen turun dari pekan sebelumnya. Catatan lain, Italia 714 kasus baru (turun 35 persen) dan Jerman 650 kasus baru (turun 31 persen).

Angka kematian di Eropa karena Covid-19 nyaris 1.100 orang per hari, naik sekitar 8 persen dari pekan sebelumnya.*

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

PM Mahathir: Tidak Lebih dari Tiga Tahun, Mungkin

PM Mahathir: Tidak Lebih dari Tiga Tahun, Mungkin

Dari Kapal Selam di Mediterania Rusia Lancarkan Serangan ke Targetnya di Suriah

Dari Kapal Selam di Mediterania Rusia Lancarkan Serangan ke Targetnya di Suriah

ICC Pertimbangkan untuk Menyelidiki Kejahatan Perang Militer Inggris di Afghanistan dan Iraq

ICC Pertimbangkan untuk Menyelidiki Kejahatan Perang Militer Inggris di Afghanistan dan Iraq

Radio Somalia Dilarang Setel Musik

Radio Somalia Dilarang Setel Musik

Terpesona Seorang Wanita, Uskup Agung Paris Mengajukan Pengunduran Diri ke Paus

Terpesona Seorang Wanita, Uskup Agung Paris Mengajukan Pengunduran Diri ke Paus

Baca Juga

Berita Lainnya