Senin, 25 Oktober 2021 / 18 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Pemilik Kapal yang Sempat Nyangkut di Terusan Suez Mencapai ‘Kesepakatan’ dengan Mesir

Kapal terusan suez
Bagikan:

Hidayatullah.com–Pemilik kapal kontainer yang sempat nyangkut di Terusan Suez selama enam hari awal tahun ini pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Mesir. Kesepakatan tersebut akan mengarah pada pembebasan kapal, lansir Middle East Eye.

The UK P&I Club, perusahaan asuransi Ever Given, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu bahwa kapal kargo akan dilepaskan setelah perjanjian diselesaikan. Kesepakatan itu masih perlu ditandatangani oleh pemilik kapal dan perusahaan asuransi lainnya.

“Klub Inggris dengan senang hati mengumumkan bahwa, setelah diskusi ekstensif dengan komite negosiasi Otoritas Terusan Suez selama beberapa minggu terakhir, kesepakatan prinsip antara para pihak telah tercapai,” kata perusahaan asuransi tersebut.

“Bersama dengan pemilik dan perusahaan asuransi kapal lainnya, kami sekarang bekerja dengan SCA untuk menyelesaikan perjanjian penyelesaian yang ditandatangani sesegera mungkin.

“Setelah formalitas telah ditangani, pengaturan untuk pembebasan kapal akan dibuat.”

Perusahaan Inggris tidak menyatakan apa persyaratan moneter dari penyelesaian itu. SCA awalnya menuntut $900 juta sebagai kompensasi sebelum menurunkan permintaan mereka menjadi $550 juta.

Kapal Ever Given sepanjang 400 meter menjadi berita utama internasional pada 23 Maret setelah nyangkut dan secara diagonal menutup di bagian selatan kanal saat angin kencang, menghentikan lalu lintas di rute pelayaran terpendek antara Eropa dan Asia.

Sekitar 15 persen lalu lintas pelayaran dunia melewati Terusan Suez, yang merupakan sumber penting pendapatan mata uang asing bagi Mesir.

Kapal raksasa itu akhirnya dibebaskan pada 29 Maret, dengan SCA mengklaim bahwa kapal itu telah kehilangan biaya antara $12 juta dan $15 juta per hari setelah penutupan.

Selain itu, penyumbatan tersebut menahan kargo senilai sekitar $9,6 miliar setiap hari, menurut perusahaan data maritim Lloyd’s List.

Pihak berwenang Mesir menyita Ever Given pada bulan April atas perintah pengadilan, menunggu kesepakatan dengan pemilik kapal untuk membayar kerusakan yang terjadi selama penyumbatan. Sejak dibebaskan dari penyumbatan, kapal dan awaknya telah ditahan di Great Bitter Lake, sebuah danau air.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Kaum Gay akan Demo Kedatangan Paus

Kaum Gay akan Demo Kedatangan Paus

Embargo Kamp Pengusian Yarmuk Masuki Hari ke-1000

Embargo Kamp Pengusian Yarmuk Masuki Hari ke-1000

Gedung Putih: Milisi Syiah Houthi Luncurkan Rudal ke Arah Kapal Kargo Turki

Gedung Putih: Milisi Syiah Houthi Luncurkan Rudal ke Arah Kapal Kargo Turki

Restoran di AS Melawan Atheisme dengan Strategi Diskon

Restoran di AS Melawan Atheisme dengan Strategi Diskon

Abbas dan Suha Setuju Penggalian Kubur Yasir Arafat

Abbas dan Suha Setuju Penggalian Kubur Yasir Arafat

Baca Juga

Berita Lainnya