Sabtu, 22 Januari 2022 / 18 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Dunia Puji Keputusan PBB atas Hukuman Seumur Hidup ‘Penjagal Bosnia’ Ratko Mladic

ratko Mladic bosnia
Bagikan:

Hidayatullah.com–Organisasi internasional bersama para pemimpin dunia memuji hakim banding PBB yang menegakkan putusan Ratko Mladic atas tuduhan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan selama perang Bosnia 1992-95. PBB menjatuhkan hukuman seumur hidup bagi Mladic pada hari Selasa (08/06/2021), Daily Sabah melaporkan.

Ratko Mladic, yang juga dikenal sebagai “Penjagal Bosnia”, tidak berhasil mengajukan banding atas vonisnya pada 2017 di pengadilan PBB di Den Haag. Pasukan pemimpin berusia 78 tahun yang melakukan pembantaian Muslim Bosnia, juga dikenal sebagai Bosniaks, selama Perang Bosnia 1990-an. Dia juga ditemukan memiliki “tanggung jawab yang signifikan” atas genosida lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim yang dilakukan di kota Srebrenica pada tahun 1995.

“Jagal Bosnia” diyakini sebagai sosok inspirasional bagi pria Australia yang menembak mati puluhan jemaah Muslim di Christchurch Selandia Baru pada 2019, serta Anders Breivik, supremasi kulit putih Norwegia yang menembak mati 77 orang di Norwegia pada 2011 .

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyambut baik keputusan itu, dengan mengatakan: “Benar bahwa dia dimintai pertanggungjawaban atas kejahatannya yang keterlaluan terhadap warga sipil, termasuk pembunuhan ribuan pria dan anak laki-laki Bosnia di Srebrenica pada 1995.” Stoltenberg menambahkan bahwa aliansi itu membantu mengakhiri dua perang etnis di Balkan Barat pada 1990-an, menurut pernyataan yang dirilis di situs NATO.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan bahwa keputusan akhir untuk kasus Mladic adalah langkah penting lainnya untuk memberikan keadilan kepada para korban.

“Ini akan membantu kita semua melupakan masa lalu yang menyakitkan dan mendahulukan masa depan,” kata Michel. Sebuah pernyataan oleh kantor kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menyambut putusan itu sebagai kesempatan bagi para pemimpin di Bosnia-Herzegovina dan kawasan untuk mendukung lingkungan rekonsiliasi untuk meninggalkan warisan perang dan membangun perdamaian abadi.

“Pengadilan domestik dan internasional di Bosnia dan Herzegovina dan negara-negara tetangga harus melanjutkan misi mereka untuk memastikan keadilan bagi para korban kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida dan keluarga mereka. Kejahatan tidak boleh dibiarkan begitu saja,” kata pernyataan itu.

Kementerian Luar Negeri Turki juga mengeluarkan pernyataan, memuji keputusan pengadilan. Pernyataan dari kementerian itu mengatakan Turki berharap putusan itu akan melayani perdamaian dan rekonsiliasi di Bosnia-Herzegovina dan kawasan dan berkontribusi pada pencegahan kejahatan semacam itu di masa depan.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan dia lega dengan keputusan itu dan bagus bahwa hukum menang melawan ketidakadilan.

“Saya merasa lega dengan keputusan akhir Pengadilan Kriminal Internasional terhadap Radko Mladic, yang bertanggung jawab atas genosida Srebenica,” kata Maas, seraya menambahkan bahwa dia berharap keputusan itu akan memberikan penghiburan bagi para korban dan mereka yang kehilangan orang-orang terkasih.

Sefik Dzaferovic, anggota Bosniak dari Kepresidenan Bosnia-Herzegovina, mendesak semua orang untuk menghormati keputusan pengadilan internasional.

“Saya mendesak mereka yang masih bermimpi perang untuk bangun dari mimpi-mimpi ini dan menerima kebenaran,” kata Dzaferovic. Dia menyerukan agar para penjahat perang dari konflik itu diekstradisi ke Bosnia-Herzegovina.

Bakir Izetbegovic, ketua Partai Aksi Demokratik Bosnia, juga menyambut baik penegakan hukuman Mladic. Keputusan tersebut akan berkontribusi untuk membantu mengakhiri beban rakyat Serbia, mereka yang menghargai kejahatan perang dan menyangkal kejahatan, kata Izetbegovic.

Menteri Luar Negeri Bosnia-Herzegovina Bisera Turkovic mengatakan hukuman seumur hidup Mladic memiliki makna yang tak terukur bagi masa depan negara dan seluruh kawasan karena hanya kebenaran dan keadilan yang dapat membangun perdamaian dan stabilitas abadi.

“Meskipun tidak mencakup semua kejahatan dan genosida di semua kota tempat dilakukannya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, genosida terhadap orang Bosnia diselidiki, ditetapkan dan dihukum oleh pengadilan internasional. Ini akan selamanya diingat dan diakui sebagai peringatan untuk dunia dan generasi yang akan datang,” kata Turkovic.

Bertentangan dengan pandangan sebagian besar pengamat, Milorad Dodik, Ketua Kepresidenan Bosnia-Herzegovina, mengklaim bahwa Mladic adalah “pahlawan” dan “patriot” yang mengorganisir dan memimpin Tentara Republika Srpska dan mencegah genosida terhadap rakyat Serbia di Bosnia dan Kroasia. Dodik menambahkan, vonis terhadap Mladic bukanlah vonis bagi rakyat Serbia.

Bagi orang-orang Bosnia yang kehilangan sanak saudaranya dalam perang, dihukumnya Ratko Mladic adalah momen kemenangan bercampur duka. Mereka menyambut keputusan itu dengan air mata kebahagiaan.

Nura Mustafic, yang kehilangan tiga putra dan suaminya dalam genosida di Srebrenica, mengatakan orang yang paling dia cintai tidak lagi hidup karena Mladic. “Ketahuilah bahwa genosida terjadi di Srebrenica. Lihat apa yang dilakukan satu orang. Dia membunuh suami saya, anak-anak saya, dan seluruh generasi saya berikutnya,” kata Mustafic.

Seorang ibu lain dari Srebrenica, Mejra Djogaz, mengatakan, “Meskipun Mladic dalam semangat yang baik bahkan di penjara, anak-anak kita bahkan tidak memiliki kuburan.”

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Pidato Pertama Presiden Terpilih Jerman Sentil Erdogan

Pidato Pertama Presiden Terpilih Jerman Sentil Erdogan

Menyusul Ledakan, Polisi Jerman Kawal Masjid dan Musholah di Dresdren

Menyusul Ledakan, Polisi Jerman Kawal Masjid dan Musholah di Dresdren

Pendaki AS yang Dibebaskan Iran Berdarah Yahudi

Pendaki AS yang Dibebaskan Iran Berdarah Yahudi

Salafy dan Neonazi Dianggap Dua Ancaman Serius di Jerman

Salafy dan Neonazi Dianggap Dua Ancaman Serius di Jerman

Puluhan Orang Nigeria Tewas di Tangan Bandit Bersenjata

Puluhan Orang Nigeria Tewas di Tangan Bandit Bersenjata

Baca Juga

Berita Lainnya