Selasa, 30 November 2021 / 24 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Kepala Kemanusiaan PBB Menyerukan Diakhirinya Blokade Gaza oleh ‘Israel’

blokade gaza
Bagikan:

Hidayatullah.com–Koordinator Kemanusiaan PBB untuk wilayah Palestina telah menyerukan agar blokade Gaza diakhiri, dan agar daerah kantong yang terkepung itu dihubungkan kembali dengan seluruh Palestina. Hal itu menyusul kunjungan dua hari ke daerah-daerah yang terkena dampak di Gaza, lansir The New Arab.

Lynn Hastings tiba di Gaza pada hari Sabtu (22/05/2021), sehari setelah gencatan senjata diberlakukan, untuk mensurvei kerusakan yang terjadi pada rumah dan infrastruktur sipil.

“Saya menyaksikan keputusasaan keluarga-keluarga terlantar yang rumahnya hancur total,” kata Hastings dalam sebuah pernyataan.

Hastings menyesalkan kerusakan yang terjadi pada infrastruktur penting sipil Palestina oleh serangan Zionis “Israel”, termasuk layanan kesehatan, jaringan pipa sanitasi air, dan gudang pasokan pertanian.

Layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan – termasuk dukungan Covid-19 – juga menjadi sasaran pasukan “Israel”.

“Satu-satunya pusat perawatan kesehatan utama di utara – yang memiliki tingkat administrasi vaksinasi terbaik – telah rusak sedemikian rupa sehingga mereka tidak lagi dapat melayani masyarakat – semuanya selama pandemi global,” kata Hastings.

Selama kunjungannya, koordinator kemanusiaan bertemu dengan warga sipil yang terkena dampak serangan “Israel”, dan mereka yang kehilangan orang yang dicintainya.

“Semua ide dan impian saya telah berakhir. Saya tidak punya harapan lagi dalam hidup. Di bawah reruntuhan, anak-anak saya berteriak, dan saya mendengar mereka. Suaranya berhenti satu demi satu,” Riyad Eshkuntana, yang kehilangan istri dan keempat anaknya. lima anak, kata Hastings.

Hastings menyoroti trauma yang dirasakan oleh warga sipil di Gaza, yang baru-baru ini menjadi sasaran pemboman “Israel” yang berulang kali dan brutal, tetapi juga trauma dari serangan sebelumnya di wilayah Palestina yang berada di dalam blokade Israel sejak 2007.

“Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa mereka merasa tidak berdaya – dan tidak lagi memiliki harapan. Orang tua mengatakan mereka tidak dapat meyakinkan anak-anak mereka bahwa ini tidak akan terjadi lagi. Bagaimana mereka bisa setelah begitu banyak perang?” tanya Hastings dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataannya, koordinator kemanusiaan mengumumkan bahwa bantuan senilai $ 18 juta akan dikeluarkan oleh Dana Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat di New York, untuk barang-barang penting seperti makanan, obat-obatan dan bahan bakar. A $ 4 juta lagi akan dialokasikan untuk mengamankan akses ke layanan dasar, seperti perawatan kesehatan dan air.

Menyadari tekanan besar yang diblokade “Israel” di Gaza, Hastings menyerukan agar pengepungan dicabut.

“Potensi wilayah pesisir ini sangat besar; ekonominya harus dibiarkan berfungsi penuh. Gaza harus terbuka dan terhubung kembali ke seluruh Palestina, termasuk Yerusalem Timur,” katanya.

Koordinator Kemanusiaan PBB untuk wilayah Palestina mengunjungi Gaza setelah pemboman brutal di Gaza oleh pasukan “Israel”, yang menewaskan sekitar 248 orang, termasuk 66 anak-anak, dengan 1.948 orang lainnya menderita luka-luka.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Partai Oposisi Pakistan Peringatkan Musharraf

Partai Oposisi Pakistan Peringatkan Musharraf

Afghanistan akan Musnahkkan 15 Ribu Hektar Tanaman Opium

Afghanistan akan Musnahkkan 15 Ribu Hektar Tanaman Opium

Tentara Saudi Dibunuh Milisi Al Houthi di Perbatasan Yaman

Tentara Saudi Dibunuh Milisi Al Houthi di Perbatasan Yaman

UU Larangan Cadar Prancis Efektif Musim Semi

UU Larangan Cadar Prancis Efektif Musim Semi

Banyak Orang Dewasa Inggris Diperkirakan Sudah Memiliki Antibodi Covid-19

Banyak Orang Dewasa Inggris Diperkirakan Sudah Memiliki Antibodi Covid-19

Baca Juga

Berita Lainnya