Senin, 29 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Pawai Solidaritas Palestina Diadakan di Seluruh Dunia

Pawai Solidaritas Dukung Palestina Melawan Israel
Bagikan:

Hidayatullah.com–Pawai solidaritas pro-Palestina diadakan di seluruh dunia sebagai kelanjutan dari demonstrasi selama seminggu. Pengunjuk rasa menuntut pemerintah masing-masing menjatuhkan sanksi dan embargo militer untuk menghentikan pasokan senjata ke “Israel”, lansir Al Jazeera.

Pengeboman 11 hari “Israel” di Gaza menewaskan hampir 250 warga Palestina, termasuk setidaknya 65 anak-anak, meninggalkan banyak bangunan, rumah, dan infrastruktur yang hancur di daerah kantong yang terkepung.

Pertempuran itu berakhir setelah pemerintah “Israel” dan kelompok pejuang Palestina menyetujui gencatan senjata yang dimulai pada hari Jum’at (21/05/2021).

Protes Syeikh Jarrah terhadap pengusiran paksa warga Palestina oleh pemukim ilegal “Israel” di Yerusalem Timur, dan serangan “Israel” terhadap jamaah Muslim di Masjid Al-Aqsha, situs tersuci ketiga dalam Islam, selama bulan suci Ramadhan, berfungsi sebagai katalisator untuk Serangan “Israel” di Gaza.

Protes diadakan di London, Melbourne dan Paris pada hari Sabtu (22/05/2021), sementara lebih banyak dari mereka dijadwalkan pada akhir pekan di kota-kota besar lainnya, termasuk New York.

Inggris

Pada pawai di London, Paul Brennan dari Al Jazeera melaporkan bahwa ada “rasa lega” dengan serangan “Israel” yang terhenti, tetapi masih banyak yang harus dilakukan.

“Ada sentimen bahwa konflik tidak boleh dilupakan,” ujarnya.

Beberapa membawa bendera Palestina dan memicu asap merah dan hijau. Yang lainnya membawa spanduk yang menyatakan “Bebaskan Palestina”, “Hentikan Pengeboman Gaza” dan “Sanksi terhadap ‘Israel’”.

Australia

Di Adelaide, ratusan pengunjuk rasa berkumpul di luar Gedung Parlemen sebelum berbaris melalui pusat kota.

“Kita perlu ingat bahwa hanya karena mereka mengumumkan gencatan senjata, bukan berarti itu sudah berakhir. Ini tidak akan pernah berakhir sampai Palestina merdeka,” kata anggota komunitas Palestina Australia Jana Fandi yang menghadiri rapat umum tersebut.

Di Sydney, ribuan pengunjuk rasa berkumpul di Hyde Park sebelum berbaris di jalan-jalan, meneriakkan dan melambaikan spanduk.

“Warga Palestina terus menghadapi kekerasan dari pasukan pendudukan Israel dan itu tidak akan berakhir sampai pendudukan berakhir,” kata aktivis Kelompok Aksi Palestina Dalia al-Haj Qasem.

Perancis

Protes solidaritas di ibu kota, Paris, diadakan dengan ribuan orang yang menghadiri pawai solidaritas Palestina.

“Gencatan senjata tidak menyelesaikan pertanyaan itu. Pertarungan ini menyangkut semua orang yang terikat pada nilai-nilai keadilan, martabat dan hukum,” kata Bertrand Heilbronn, presiden Asosiasi Solidaritas Palestina Prancis yang mengorganisir unjuk rasa Paris dan demonstrasi lainnya.

Para demonstran ibu kota meneriakkan slogan-slogan seperti “Palestina akan hidup, Palestina akan menang”, “pembunuh ‘Israel’, kaki tangan Macron”, “dan Kita semua adalah orang Palestina”.

Jerman

Ratusan orang berunjuk rasa untuk mendukung warga Palestina dalam demonstrasi yang diadakan di kota Frankfurt dan Berlin, Jerman.

Di Berlin, ratusan orang datang ke unjuk rasa, banyak yang mengibarkan bendera Palestina dan membawa poster bertuliskan “Bebaskan Palestina”, menurut reporter kantor berita dpa.

Banyak yang meneriakkan “Palestina akan bebas dari sungai ke laut” pada acara bertajuk “Peristiwa di Palestina dan Media Jerman”.

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

6 Wanita Ditangkap Lagi karena Mengemudi

6 Wanita Ditangkap Lagi karena Mengemudi

Hamas Dukung Mesir Tarik Dubesnya dari Tel Aviv

Hamas Dukung Mesir Tarik Dubesnya dari Tel Aviv

Rusia Kehilangan 112 Tentara di Suriah dalam 3 Tahun

Rusia Kehilangan 112 Tentara di Suriah dalam 3 Tahun

UEA dan Arab Saudi Dituduh Mengizinkan ‘Israel’ Masuk ke Socotra, Yaman

UEA dan Arab Saudi Dituduh Mengizinkan ‘Israel’ Masuk ke Socotra, Yaman

Inggris dan Prancis Kecam Proyek Perumahan Zionis

Inggris dan Prancis Kecam Proyek Perumahan Zionis

Baca Juga

Berita Lainnya