Ahad, 26 September 2021 / 18 Safar 1443 H

Internasional

Qatar, Mesir, dan Saudi Mendiskusikan Krisis Gaza dengan Menteri Luar Negeri AS

Bagikan:

Hidayatullah.com–Menteri luar negeri Qatar, Mesir dan Arab Saudi telah membahas serangan udara mematikan ‘Israel’ di Gaza dan ketegangan ‘Israel’ Palestina dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, lapor Al Jazeera.  Blinken dan Syeikh Muhammad bin Abdulrahman Al Thani dari Qatar membahas “upaya untuk memulihkan ketenangan di ‘‘Israel’’ dan [wilayah pendudukan] Tepi Barat dan Gaza sehubungan dengan hilangnya nyawa sipil secara tragis”, kata departemen luar negeri pada hari Senin (17/05/2021).

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua pejabat tersebut membahas “serangan ‘Israel’ baru-baru ini terhadap jamaah di Kompleks Al Aqsha dan serangan di Jalur Gaza yang terkepung”.  Al Thani menekankan “perlunya tindakan segera oleh komunitas internasional untuk menghentikan serangan brutal ‘Israel’ yang berulang-ulang terhadap warga sipil di Gaza dan Masjid Al Aqsha yang diberkati,” tambahnya.

Sementara itu, sekelompok senator AS yang tumbuh pada hari Ahad (16/05/2021) menyerukan gencatan senjata. Senator Demokrat Chris Murphy dan Republikan Todd Young, anggota senior panel hubungan luar negeri, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Sebagai akibat dari serangan roket Hamas dan tanggapan ‘Israel’, kedua belah pihak harus mengakui bahwa terlalu banyak nyawa telah hilang dan tidak boleh meningkatkan konflik lebih lanjut.”

Dua puluh lima senator Demokrat AS lainnya dan dua independen mengeluarkan pernyataan terpisah yang serupa yang mendesak gencatan senjata segera. Dalam seruannya dengan Sameh Shoukry Mesir, Blinken “mengulangi seruannya pada semua pihak untuk mengurangi ketegangan dan menghentikan kekerasan, yang telah merenggut nyawa warga sipil ‘Israel’ dan Palestina, termasuk anak-anak,” kata Departemen Luar Negeri dalam laporan lain.

Kantor berita negara Saudi SPA melaporkan pada hari Ahad bahwa Blinken juga melakukan panggilan telepon dengan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud untuk membahas perkembangan terbaru “di Palestina dan di wilayah tersebut”. Departemen luar negeri mengatakan keduanya membahas “upaya yang sedang berlangsung untuk menenangkan ketegangan di ‘‘Israel’’ dan Tepi Barat dan Gaza dan mengakhiri kekerasan saat ini”.

Mengatasi pertemuan virtual darurat dari 57 anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada hari Ahad, Al Saud mengutuk “pelanggaran mencolok” ‘Israel’terhadap hak-hak Palestina dan meminta komunitas internasional untuk bertindak segera untuk mengakhiri serangan mematikan di Gaza.

Al Thani dari Qatar juga mengadakan panggilan telepon pada hari Ahad dengan mitranya dari Mesir, di mana mereka meninjau “hubungan kerja sama bilateral dan perkembangan di Palestina”, kata kementerian luar negeri Qatar dalam pernyataan terpisah.

Kementerian luar negeri Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua menteri sepakat tentang “pentingnya bekerja untuk mencapai gencatan senjata segera antara kedua belah pihak, dan mereka juga setuju untuk melanjutkan koordinasi dalam kerangka bilateral, serta dalam kerangka regional dan internasional, tentang apa yang menjadi kepentingan rakyat Palestina dan mencapai gencatan senjata.”

Upaya gencatan senjata oleh Mesir, Qatar dan Perserikatan Bangsa-Bangsa sejauh ini tidak memberikan tanda-tanda kemajuan.*

Rep: Fida A.
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Mufti Lithuania, Estonia, dan Polandia Kunjungi Markas Liga Dunia Islam

Mufti Lithuania, Estonia, dan Polandia Kunjungi Markas Liga Dunia Islam

Bentrok dengan Militer, 4 Muslim Thailand Terbunuh

Bentrok dengan Militer, 4 Muslim Thailand Terbunuh

Menlu Mesir: Barat Tidak Perlu Takut pada Islam

Menlu Mesir: Barat Tidak Perlu Takut pada Islam

Mahasiswa Saudi di Inggris Diberi Nilai Kurs Khusus

Mahasiswa Saudi di Inggris Diberi Nilai Kurs Khusus

Meskipun Digugat Lawan Felix Tshisekedi Dilantik Jadi Presiden Kongo

Meskipun Digugat Lawan Felix Tshisekedi Dilantik Jadi Presiden Kongo

Baca Juga

Berita Lainnya