Senin, 24 Januari 2022 / 20 Jumadil Akhir 1443 H

Internasional

Demonstrasi Solidaritas Palestina di Seluruh Dunia

demonstrasi solidaritas mendukung palestina
Bagikan:

Hidayatullah.com — Ketika serangan “Israel” di Yerusalem dan Gaza meningkat, ribuan orang berbaris di kota-kota besar di seluruh dunia untuk melakukan demonstrasi solidaritas dengan warga Palestina.

Demonstrasi solidaritas Palestina telah terjadi di Ankara, London, Washington, Rabat, Amman, Beirut, Cape Town, Toronto, Munich dan Kuwait City.

Para pengunjuk rasa secara luas meminta pemerintah mereka untuk mengambil tindakan dan menekan “Israel” untuk mengurangi taktik agresifnya di Yerusalem dan Jalur Gaza.

Yordania dan Turki telah mengambil tindakan diplomatik, dengan Amman memanggil utusan “Israel” ke negara itu dan Ankara menarik undangan yang sebelumnya diberikan kepada menteri energi “Israel”.

Di New Jersey pada hari Selasa, ratusan orang berkumpul di Gould Park di Patterson, mengenakan keffiyah dan mengibarkan bendera Palestina, untuk menunjukkan solidaritas dengan warga Palestina.

Para pembicara meneriakkan “Cukup sudah Cukup” dan “Bebaskan Palestina”, mendesak pengunjuk rasa untuk menekan perwakilan mereka untuk mengambil tindakan terhadap agresi “Israel” selama beberapa hari terakhir yang telah melibatkan serangan udara di Gaza, tindakan keras terhadap pengunjuk rasa di Syeikh Jarrah dan serangan terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsha.

Patterson adalah rumah bagi ribuan imigran Palestina, dan terkadang disebut sebagai Little Ramallah.

Berbicara di depan massa, Salaedin Maksut, direktur eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) cabang New Jersey mengatakan kepada orang banyak bahwa “tindakan ‘Israel’ baru-baru ini telah membuktikan kepada dunia bahwa mereka tidak peduli dengan keadilan atau perdamaian”.

Dia juga menghubungkan protes Black Lives Matter (BLM) dengan perjuangan Palestina untuk menentukan nasib sendiri.

“Perjuangan kami saling terkait dan kami harus bekerja sama sehingga orang yang sama yang menindas orang kulit hitam menindas orang Palestina,” kata Maksut.

Penyelenggara mengatakan sekitar 500 orang telah menghadiri rapat umum tersebut.

Di New York, ketegangan yang memuncak di Gaza diterjemahkan di lapangan ketika kelompok-kelompok pendukung “Israel” menghadapi ratusan pendukung Palestina.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan orang-orang menghina satu sama lain, dan menjangkau barikade yang dipasang oleh polisi dalam upaya untuk menyerang satu sama lain.

Protes, yang telah tumpah ke jalan-jalan Manhattan, terjadi setelah pemerintahan Biden menyuarakan dukungan ‘tak tergoyahkan’ untuk “Israel”.

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Covid-19: Pasien ICU Di Prancis Terus Bertambah

Covid-19: Pasien ICU Di Prancis Terus Bertambah

Pemerintah Riyadh Rencanakan Gerbong Khusus Wanita di Kereta Bawah Tanah

Pemerintah Riyadh Rencanakan Gerbong Khusus Wanita di Kereta Bawah Tanah

PBB Serukan Gencatan Senjata di Suriah Selama Ramadhan

PBB Serukan Gencatan Senjata di Suriah Selama Ramadhan

Sudan Akan Mengakhiri 30 Tahun Aturan Hukum Islam

Sudan Akan Mengakhiri 30 Tahun Aturan Hukum Islam

Mantan PM Inggris Tony Blair Ngaku Sering Baca al-Qur’an?

Mantan PM Inggris Tony Blair Ngaku Sering Baca al-Qur’an?

Baca Juga

Berita Lainnya