Rabu, 29 September 2021 / 21 Safar 1443 H

Internasional

Batalkan Undangan Buka Puasa Muslim Inggris, Pemimpin Partai Buruh Dikecam

The Guardian
Keluarga muslim di Inggris.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Pemimpin Partai Buruh Inggris Keir Starmer dianggap merendahkan Muslim oleh Friends of Al-Aqsha, sebuah LSM advokasi Palestina yang berbasis di Inggris, setelah ia membatalkan undangan buka puasa Ramadhan, lansir Middle East Eye.

Starmer menarik diri dari acara undangan buka puasa virtual Proyek Tenda Ramadhan yang diorganisir Muslim Inggris pada minggu lalu setelah dia diberi tahu bahwa CEO-nya, Omar Salha, mendukung boikot kurma “Israel”.

Dewan Deputi Yahudi Inggris dan Kronik Yahudi mendekati Partai Buruh tentang Salha me-retweet posting Twitter dari Friends of Al-Aqsha yang mendorong umat Islam untuk memboikot kurma “Israel” selama Ramadan.

Lebih dari 2.000 orang kini telah menandatangani petisi, yang dimulai oleh Friends of Al-Aqsha, yang mengkritik pemimpin oposisi karena memperlakukan Muslim dengan “standar” yang berbeda.

Ini merujuk pada jajak pendapat yang dilakukan oleh YouGov bulan lalu yang menemukan bahwa 61 persen anggota Partai Buruh mendukung gerakan boikot, divestasi dan sanksi (BDS) terhadap “Israel”, sementara hanya delapan persen yang menentangnya.

“Keir Starmer dengan senang hati terlibat dengan anggota Partai Buruh ini, namun ketika seorang Muslim menyerukan BDS, dia menganggap ini tidak dapat diterima,” petisi tersebut menyatakan.

“Dalam pelepasan selektif ini, pemimpin Partai Buruh mendiskriminasi Muslim, yang menyebabkan Islamofobia sistemik yang marak di dalam Partai Buruh.”

Pernyataan itu mengacu pada laporan yang diterbitkan tahun lalu yang menemukan bahwa sebagian besar pendukung Partai Buruh Muslim percaya bahwa partai tersebut tidak menanggapi masalah Islamofobia dengan cukup serius.

‘Menjelekkan Muslim’

Ismail Patel, ketua Friends of Al-Aqsha, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa jumlah penandatangan menunjukkan bahwa semakin banyak orang “muak dengan bagaimana kepemimpinan [Partai Buruh] menjelekkan Muslim dan mereka yang membela hak-hak Palestina”.

“Sentimen kepemimpinan telah mengucilkan komunitas Muslim tersebar luas,” tambahnya.

Memboikot kurma “Israel” adalah kampanye solidaritas yang sangat umum di antara banyak Muslim, terutama selama bulan suci Ramadhan.

“Israel” sejauh ini merupakan pengekspor kurma terbesar di dunia pada tahun 2020, menurut perusahaan data konsumen Statista, dengan penjualan lebih dari $ 235 juta. Namun, banyak kurma negara yang ditanam di Tepi Barat yang diduduki, khususnya di Lembah Jordan.

Petisi itu muncul hanya beberapa hari setelah Middle East Eye mengungkapkan bahwa Starmer telah gagal menanggapi surat yang dikirim kepadanya oleh lebih dari 25 anggota Buruh Inggris-Palestina di mana mereka menyuarakan keprihatinan tentang perlakuan internal.

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Warga Amerika Makin Banyak Tinggalkan Agama Kristen

Warga Amerika Makin Banyak Tinggalkan Agama Kristen

Guru Buddhis Tibet Tersangka Banyak Kejahatan Seksual Meninggal Dunia

Guru Buddhis Tibet Tersangka Banyak Kejahatan Seksual Meninggal Dunia

Malaysia Luncurkan Kereta Khusus Wanita

Malaysia Luncurkan Kereta Khusus Wanita

Syeikh al-Azhar Kritik Paus Benediktus

Syeikh al-Azhar Kritik Paus Benediktus

PBB: Butuh USD600 Juta untuk Atasi Wabah Ebola di Afrika Barat

PBB: Butuh USD600 Juta untuk Atasi Wabah Ebola di Afrika Barat

Baca Juga

Berita Lainnya