Senin, 6 Desember 2021 / 30 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

Partai Islam Diyakini akan Menangkan Pemilu Aljazair

partai islam aljazair
Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika selalu berada di kursi roda.
Bagikan:

Hidayatullah.com — Para ahli yakin partai Islam bisa memenangkan pemilu di Aljazair Juni ini, yang mendobrak sejarah panjang pemerintahan militer sekuler.

Setelah protes rakyat yang meluas menuntut perombakan elit penguasa negara, politisi Islam mengambil kesempatan untuk berdiri sebagai alternatif yang tegas untuk pemerintahan militer, Reuters melaporkan pada hari Rabu.

“Kami berharap memimpin,” kata Abdelkader Bengrina, ketua Harakat al-Bina – partai yang menurut para analis “kemungkinan besar” akan memenangkan pemilihan, lansir Al Araby pada Jumat (23/04/2021).

“Dalam banyak kasus, pemerintah menunjukkan bahwa mereka tidak mampu menangani masalah-masalah kehidupan sehari-hari.”

Partai ini berjalan di atas platform yang berfokus pada ekonomi dan kepemimpinan yang efektif daripada memaksakan hukum syariah.

Bengrina – yang memenangkan 1,5 juta suara dalam kampanyenya tahun 2019 – mengatakan partainya akan “mengatasi masalah politik, ekonomi dan sosial Aljazair”.

“Partai-partai Islam telah memperoleh pengalaman politik yang besar sejak 1990-an … partisipasi politik daripada konfrontasi adalah ciri khas partai-partai Islam Aljazair hari ini,” kata Mohamed Mouloudi, seorang pakar politik Aljazair kepada Reuters.

Ini terjadi ketika Aljazair menghadapi krisis politik dan ekonomi yang besar, dengan pandemi virus corona menambah kesengsaraan ekonomi yang bergantung pada minyak.

Sebuah gerakan protes rakyat, yang dikenal sebagai Hirak, pecah pada Februari 2019 sebagai kemarahan terhadap keputusan untuk memilih kembali presiden Abdelaziz Bouteflika untuk masa jabatan kelima.

Dia dipaksa mundur beberapa minggu kemudian, tetapi gerakan itu berlanjut dengan demonstrasi, menuntut perombakan sistem pemerintahan sejak Aljazair merdeka dari Prancis pada tahun 1962.

Sejak ulang tahun keduanya pada 22 Februari, aktivis Hirak terus melakukan protes mingguan pada hari Jumat, setelah ditangguhkan selama hampir setahun karena pandemi.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Sol Sepatu Melanggar Aturan, Pelari Ethiopia Batal Juara Maraton Vienna City

Sol Sepatu Melanggar Aturan, Pelari Ethiopia Batal Juara Maraton Vienna City

Embargo Vaksin India

Belum Ada Izin Pakai FDA, Amerika Janji Bagikan 60 Juta Vaksin AstraZeneca ke Negara Lain

Ribuan Wanita Myanmar Dijual ke Lelaki di China

Ribuan Wanita Myanmar Dijual ke Lelaki di China

Intelijen akan Verifikasi Kematian 2 Pria Australia Anggota ISIS

Intelijen akan Verifikasi Kematian 2 Pria Australia Anggota ISIS

Annan: Kondisi di Suriah Sulit Capai Kesepakatan

Annan: Kondisi di Suriah Sulit Capai Kesepakatan

Baca Juga

Berita Lainnya