Ahad, 28 November 2021 / 23 Rabiul Akhir 1443 H

Internasional

‘Israel’ dan Yunani Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Pertahanan

Kerjasama pertahanan Yunani israel
Bagikan:

Hidayatullah.com—‘Israel’ dan Yunani telah menandatangani kesepakatan kerjasama pengadaan peralatan pertahanan terbesar mereka. ‘Israel’ mengatakan akan memperkuat hubungan politik dan ekonomi antara kedua negara saat angkatan udara kedua negara meluncurkan latihan bersama, lapor Al Jazeera.

Perjanjian kerjasama tersebut mencakup kontrak $ 1,65 miliar untuk pembentukan dan pengoperasian pusat pelatihan untuk Angkatan Udara Yunani oleh kontraktor pertahanan ‘Israel’ Elbit Systems selama periode 22 tahun, kata kementerian pertahanan ‘Israel’ pada hari Ahad (18/04/2021).

Pusat pelatihan akan meniru akademi penerbangan ‘Israel’ sendiri dan akan dilengkapi dengan 10 pesawat pelatihan M-346 yang diproduksi oleh Leonardo Italia, kata kementerian itu.

Elbit akan memasok perlengkapan untuk meningkatkan dan mengoperasikan pesawat T-6 Yunani dan juga memberikan pelatihan, simulator, dan dukungan logistik.

“Saya yakin (program ini) akan meningkatkan kemampuan dan memperkuat ekonomi Israel dan Yunani sehingga kemitraan antara kedua negara kita akan semakin dalam di tingkat pertahanan, ekonomi dan politik,” ungkap Menteri Pertahanan ‘Israel’ Benny Gantz.

Pengumuman tersebut menyusul pertemuan di Siprus pada hari Jum’at (16/04/2021) antara menteri luar negeri Uni Emirat Arab, Yunani, Siprus dan ‘Israel’, yang setuju untuk memperdalam kerja sama.

Angkatan udara Zionis ‘Israel’ dan Yunani pada hari Ahad meluncurkan latihan bersama di Yunani, kata militer Zionis.

Setidaknya dalam satu latihan sebelumnya di Yunani, pesawat tempur ‘Israel’ berlatih melawan S-300 yang dipasang di Kreta. Sistem pertahanan udara buatan Rusia yang digunakan oleh Suriah dan Iran, musuh ‘Israel’.

Sebuah sumber di Komando Pertahanan Nasional Yunani mengatakan S-300 belum diaktifkan dalam latihan gabungan yang dimulai pada hari Ahad.

‘Israel’, Yunani, dan Siprus telah mengambil beberapa langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk memperkuat hubungan, termasuk memajukan rencana untuk membangun kabel listrik bawah laut 2.000 megawatt dan pipa gas bawah laut sepanjang 1.900 km (1.300 mil), sebuah langkah yang membuat kesal saingan regional mereka, Turki.

Bulan lalu, militer ‘Israel’ mengatakan telah melakukan latihan angkatan laut bersama dengan Yunani dan Siprus.

Yunani dan Siprus terlibat dalam perselisihan dengan Turki, yang telah mengirim kapal pencari gas ke perairan yang diklaim oleh Yunani dan mengebor kapal ke wilayah di mana Siprus mengklaim hak eksklusifnya.

Ketegangan membuat sekutu NATO Yunani dan Turki mendekati konflik terbuka tahun lalu, tetapi ketegangan telah mereda sejak saat itu.*

Rep: Fida A.
Editor: -

Bagikan:

Berita Terkait

Pesan Pemuda Hong Kong: Jangan Percaya Orang Komunis, Jangan Terperangkap Uang China

Pesan Pemuda Hong Kong: Jangan Percaya Orang Komunis, Jangan Terperangkap Uang China

Aplikasi Fatwa Qardhawi  tentang Zakat Pemulihan Gaza

Aplikasi Fatwa Qardhawi tentang Zakat Pemulihan Gaza

Iraq Dapat Sukhoi Su-25 dari Iran untuk Gempur Perlawanan Muslim

Iraq Dapat Sukhoi Su-25 dari Iran untuk Gempur Perlawanan Muslim

Inilah Peringkat Kekuatan Paspor Negara-negara Muslim

Inilah Peringkat Kekuatan Paspor Negara-negara Muslim

Setelah Kritik Peran Turki di Libya, Presiden Prancis-Rusia Lakukan Pertemuan Virtual

Setelah Kritik Peran Turki di Libya, Presiden Prancis-Rusia Lakukan Pertemuan Virtual

Baca Juga

Berita Lainnya