Rabu, 7 April 2021 / 24 Sya'ban 1442 H

Internasional

Harian Prancis Sebut Bekam sebagai ‘Eksorsisme Islam’

Eksorsisme Islam Prancis Getty Images
Bagikan:

Hidayatullah.com–Surat kabar harian Perancis Le Figaro menggambarkan terapi bekam sebagai “eksorsisme Islam, yang menyebar di Prancis”. Bekam saat ini menjadi salah satu terapi yang populer digunakan oleh para atlet dan selebriti, lansir Daily Sabah.

Terapi bekam banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Ia juga sangat populer di kalangan selebriti seperti Justin Bieber dan Madonna; namun, surat kabar Prancis memilih untuk meliput berita tersebut dari sudut pandang yang kontroversial.

Le Figaro, yang menampilkan dirinya sebagai outlet media yang serius, telah membuat banyak orang meragukan integritas dan akal sehatnya.

Sebuah artikel berjudul “Di Neraka Eksorsisme Islam yang Menyebar di Prancis” menginformasikan pembacanya tentang “pengobatan profetik Muslim” yang telah dikembangkan dalam “kerahasiaan yang paling ketat selama beberapa tahun”. Surat kabar itu menyoroti bahwa terapi itu dibuat “di bawah kekerasan tersembunyi”.

“Ketika nasihat dari teman dan cinta keluarga tidak berdaya, ketika akal telah menjadi budak nafsu atau masalah hubungan berlipat ganda, ruqyah menjadi perlu,” ungkap penulis, mengacu pada “migrain, depresi, ’ain, sihir.”

“Ada banyak penyakit yang diklaim bisa disembuhkan oleh eksorsisme Islam ini,” kata artikel itu, menuduh bahwa pencipta terapi bekam mempromosikan “penyembuhan diri” melalui “percaya kepada Allah”.

Surat kabar tersebut memperingatkan pembacanya bahwa praktik tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi otoritas Prancis, yang memicu pengguna media sosial yang bingung untuk mempertanyakan suasana di mana artikel ini ditulis.

“Hampir mengagumkan bahwa bahkan di tengah-tengah kesehatan masyarakat dan keadaan darurat medis, @lefigaro memiliki kapasitas yang bertahan lama untuk menemukan konspirasi kesehatan Islam yang sebenarnya yang menghancurkan Republik Kelima. Satu cangkir pada satu waktu,” koresponden Uni Eropa untuk Financial Times, Mehreen Khan menulis di Twitter pada hari Selasa (06/04/2021).

Terapi bekam, adalah bentuk pengobatan alternatif di mana terapis meletakkan kap khusus pada kulit selama beberapa menit untuk menyedot darah. Terapi ini membuat rileks dan membantu pasien yang menderita nyeri, peradangan, dan masalah sirkulasi darah, yang berfungsi sebagai jenis pijat jaringan dalam.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bekam adalah salah satu Sunnah (amalan) Nabi Muhammad. Selain mengobati penyakit tertentu, metode bekam digunakan untuk mengambil darah dari pasien untuk mencegah penyakit.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Salafi Bahrain Tidak Ajukan Calon dalam Pemilu

Salafi Bahrain Tidak Ajukan Calon dalam Pemilu

Horor, Staf Medis Kabur Lihat Mayat Hidup Kembali!

Horor, Staf Medis Kabur Lihat Mayat Hidup Kembali!

Hampir 3000 Jiwa, Korban Musibah Mina “Sepanjang Sejarah”

Hampir 3000 Jiwa, Korban Musibah Mina “Sepanjang Sejarah”

Diaudit Boros, Bos Proyek Lingkungan PBB Mundur

Diaudit Boros, Bos Proyek Lingkungan PBB Mundur

Raja Salman Perintahkan Pembentukan Badan Otoritas Keamanan Cyber Nasional

Raja Salman Perintahkan Pembentukan Badan Otoritas Keamanan Cyber Nasional

Baca Juga

Berita Lainnya