Selasa, 23 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Syeikh Al Azhar: Syeikh Ash Shabuni Habiskan Umurnya untuk Al Qur`an dan Sunnah

Syeikh Ali Ash-Shabuni Wafat diusia 91 tahun
Bagikan:

Hidayatullah.com–Syeikh Al Azhar Dr. Ahmad Ath Thayyib menyampaikan rasa duka atas wafatnya Syeikh Muhammad Ali Ash Shabuni, ulama besar dari Suriah. Menurut Al Azhar, selama hidup, Syeikh Shabuni mencurahkan hidupnya untuk Al-Quran.

“Al Azhar menegaskan bahwasannya Syeikh Ash Shabuni  tidak pernah berhenti dalam mencurahkan daya dalam berkhidmat kepada Kitab Allah juga Sunnah serta manhaj Ahlu Sunnah wa Al Jama’ah. Sejak ia menyelesaikan belajar di Al Azhar Asy Syarif hingga ia menjadi seorang cendekian dan memiliki reputasi di antara para ulama,” demikian dilansir oleh situs resmi Al Azhar, alazhar.eg (19/3/2021)

“Dan Imam Al Akbar Syeikh Al Azhar menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada dunia Islam, rakyat suria serta para murid Syeikh Ash Shabuni, keluarganya serta para pecintanya. Juga menyampaikan doa kepada Allah Ta’ala agar melingkupinya dengan rahmat-Nya yang luas serta pengampunan-Nya. Serta menjadikan ilmu serta amalannya sebagai syafa’at baginya.”

Syeikh Ali Ash-Shabuni meninggal dunia pada hari Jumat, (3/19/2021). Ulama asal Suriah dan juga guru besar dari Universitas Ummul Qura, Makkah, Arab Saudi ini wafat pada usia 91 tahun, kutip Anadolu Agency bahasa Arab.

Syeikh Muhammad Ali bin Jamil Ash-Shabuni adalah ulama yang terkenal karena sikap wara’. Lahir di Kota Aleppo, Suriah, pada tahun 1930, beliu dilahirkan dari keluarga ulama dan terpelajar. Ayahnya Syeikh Jamil adalah seorang ulama besar di Aleppo pada zamannya.

Kitab-kitab Syeikh Ash-Shabuni banyak menjadi rujukan para pelajar Islam dunia, termasuk di pesantren-pesantren di Indonesia. Kitab rujukan beliau antara lain Attibyan fi Ulmil Quran, Rawaiul Bayan fi Tafsiri Ayatil Ahkam, dan lebih dari 50 kitab lainnya yang telah ia tulis. Kitab paling terkenal Syeikh Ash-Shabuni adalah kitab Shafwatut Tafasir.

Saat awal mula revolusi Suriah padah tahun 2011, Syeikh Ali Ash-Shabuni termasuk tokoh terdepan menentang kezaliman rezim Bashar al-Assad.  Beliau menyebut Bashar al-Assad sebagai “Musailmah Al-Kadzab” sebagai protes kezaliman diktator Suriah itu. Para penuntut Ilmu Al-Qura`an dan ulama di negara Arab dan Islam lainnya menyampaikan duka cita atas wafatnya Syekh Ali Ash-Shabuni.

Rep: Thoriq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Gedung Putih Menjadi Rumah Bordir

Gedung Putih Menjadi Rumah Bordir

Presenter TV Inggris Lecehkan Islam

Presenter TV Inggris Lecehkan Islam

Amerika Bilang Pergantian Nama Palestina Ide Buruk

Amerika Bilang Pergantian Nama Palestina Ide Buruk

Pengadilan Mesir Hapus Tes Keperawanan Tahanan Wanita

Pengadilan Mesir Hapus Tes Keperawanan Tahanan Wanita

Delegasi Uni Eropa Kumpulkan Bukti Pelanggaran HAM China di Xinjiang

Delegasi Uni Eropa Kumpulkan Bukti Pelanggaran HAM China di Xinjiang

Baca Juga

Berita Lainnya