Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

‘Israel’ dan UEA akan Bermitra dalam Pembuatan Sistem AI Anti-Drone

sistem anti-drone israel AFP Photo
Bagikan:

Hidayatullah.comSebuah perusahaan kedirgantaraan milik Zionis ‘Israel’ telah mengumumkan rencana untuk bermitra dengan produsen senjata Uni Emirat Arab untuk mengembangkan sistem anti-drone. Sistem tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Abu Dhabi, meemungkinkan negara itu untuk mencakup pertahanan terhadap kelompok Houthi Yaman, Middle East Eye melaporkan.

‘Israel’ Aerospace Industries (IAI), dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (11/03/2021), mengumumkan rencana untuk bersama-sama mengembangkan sistem anti-drone canggih “untuk mendeteksi, mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan mencegat berbagai ancaman”.

Kelompok itu mengatakan Sistem Pesawat Tak Berawak (C-UAS) akan mencakup solusi soft kill seperti gangguan elektronik dan pengambilalihan siber, dan kemampuan pembunuhan keras seperti senjata, rudal, elektromagnetik dan laser, serta komando dan kontrol tingkat lanjut.

“C-UAS sepenuhnya otonom, tidak membutuhkan pengawasan manusia terbatas,” ungkap kelompok itu.

“Serangkaian tindakan pencegahan, mulai dari gangguan hingga penghancuran drone, akan ditawarkan berdasarkan tingkat ancaman dan lingkungan operasi yang ditargetkan pelanggan,” lanjutnya dalam pernyataan hari Kamis.

Gerakan Houthi, memerangi pemerintah yang diakui secara internasional di Yaman, baru-baru ini meningkatkan serangan rudal dan drone lintas batas ke Arab Saudi, tetangga UEA, dan mengancam akan menyerang Abu Dhabi.

Kedua negara telah mengambil bagian dalam koalisi melawan kelompok pemberontak tersebut sejak 2015, sekitar awal perang, dengan kepentingan yang bersaing melawan gerakan Houthi.

Baca juga: Perusahaan ‘Israel’ Jual Drone dan Spyware ke Myanmar Meski Terdapat Larangan

‘Batu Loncatan’ dalam Normalisasi

Sementara UEA mengumumkan pada Oktober bahwa mereka telah mengakhiri keterlibatan militernya di Yaman, kelompok hak asasi manusia dan politisi lokal menuduh mantan mitra Saudi itu melanjutkan strategi militer yang lebih “di bawah meja”.

UEA sudah memiliki sistem intersepsi anti-rudal canggih buatan Amerika, yang dikenal sebagai THAAD, yang diperoleh melalui penjualan senjata.

Baik Amerika Serikat dan Inggris telah banyak dikecam karena terus memberikan senjata ke Arab Saudi dan UEA, karena kelompok hak asasi mengatakan penjualan itu membantu “memperpanjang perang”.

UEA dan ‘Israel’ menandatangani kesepakatan normalisasi pada Agustus yang telah memicu serangkaian kemitraan antara kedua negara. Ini akan menjadi kemitraan pembuatan senjata pertamanya dengan ‘Israel’.

Faisal al-Bannai, CEO dan Managing Director EDGE, perusahaan mitra UEA, mengatakan proyek tersebut diatur untuk memperkuat portofolio dan kemitraan teknologi canggih Abu Dhabi di kawasan itu, menambahkan bahwa kesepakatan itu “sejalan” dengan kesepakatan normalisasi yang baru-baru ini ditengahi.

Sementara itu, Boaz Levy, presiden dan CEO IAI, menyambut baik proyek tersebut sebagai “batu loncatan untuk bisnis lebih lanjut dan aliansi strategis antara” UEA dan ‘Israel’.

“Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membantu kedua perusahaan melalui transfer pengetahuan dan berbagi kemampuan,” kata Bannai, seraya menambahkan bahwa ia berharap dapat meningkatkan kerja sama antara kedua negara untuk penelitian dan pengembangan dalam inovasi teknologi.

IAI mengatakan proyek tersebut diatur untuk memiliki “manfaat yang lebih luas untuk wilayah [Timur Tengah dan Afrika Utara] dan sekitarnya”.*

Rep: Fida A.
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Siswa Inggris Sekolah Bawa HP Bukan Buku

Siswa Inggris Sekolah Bawa HP Bukan Buku

UEA Ingin Harga Rokok Mahal

UEA Ingin Harga Rokok Mahal

Turki Mulai Pembangunan Masjid di Simbol Sekularisme

Turki Mulai Pembangunan Masjid di Simbol Sekularisme

Gerakan BDS Mesir Ajak Warga Dukung Intifadah Palestina

Gerakan BDS Mesir Ajak Warga Dukung Intifadah Palestina

Mayoritas Anggota Kongres Spanyol Dukung RUU Euthanasia

Mayoritas Anggota Kongres Spanyol Dukung RUU Euthanasia

Baca Juga

Berita Lainnya