Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Kera Penghuni Kebun Binatang San Diego Jadi Primata Pertama Selain Manusia yang Divaksin Covid-19

primata pertama divaksin San Diego Zoo
Bagikan:

Hidayatullah.com — Sembilan kera di Kebun Binatang San Diego – empat orangutan dan lima bonobo – mencetak sejarah dalam kedokteran hewan beberapa minggu terakhir sebagai primata non-manusia pertama di dunia yang diketahui divaksin Covid-19, pihak kebun binatang mengatakan pada Kamis.

Salah satu penerima vaksin adalah orangutan Sumatera berusia 28 bernama Karen yang menjadi bintang kebun binatang ketika menjadi kera pertama yang menjalani operasi jantung terbuka pada tahun 1994.

Masing-masing dari sembilan hewan itu menerima dua dosis vaksin eksperimental yang awalnya dirancang untuk anjing dan kucing. Para kera tidak menunjukkan efek samping negatif, dan berada dalam keadaan baik, juru bicara kebun binatang Darla Davis mengatakan kepada Reuters melalui email.

Dilansir Al Araby pada Jumat (05/03/2021), vaksinasi itu dilakukan karena pihak kebun binatang khawatir setelah delapan gorilla di Taman Safari yang berafiliasi dengan Kebun Binatang San Diego terinfeksi Covid-19 pada Januari, menandai penularan pertama yang diketahui ke kera besar.

Delapan gorila, termasuk seekor “punggung perak” jantan berusia 48 tahun bernama Winston yang menderita pneumonia dan penyakit jantung, telah membaik dan tampaknya sedang menuju pemulihan penuh, kata Davis.

Winston dirawat dengan berbagai obat, termasuk terapi antibodi virus corona untuk non-manusia.

Gorila-gorila itu tidak divaksin karena dokter hewan berasumsi sistem kekebalan tubuh mereka telah memiliki antiboi terhadap virus. Mereka diyakini tertular virus corona dari staf taman safari yang tanpa gejala.

Orangutan dan bonobo yang dipilih untuk imunisasi termasuk di antara kera besar di kebun binatang yang dianggap paling berisiko tertular virus dan paling mudah diinokulasi. Staf memvaksinasi hewan dengan mengalihkan perhatian mereka dari jarum dengan camilan.

Staf kebun binatang mulai memberikan suntikan vaksin ke beberapa hewan pada Januari dan berlanjut hingga Februari, dengan beberapa vaksin terakhir diberikan pada Maret, kata Davis.

Vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi hewan Zoetis tidak diuji pada kera. Namun penggunaan vaksin lintas spesies tidak jarang, dan kera di kebun binatang itu mendapatkan vaksin flu dan campak pada manusia, menurut Nadine Lamberski, kepala konservasi dan satwa liar untuk San Diego Wildlife Alliance, lembaga yang memiliki kebun binatang dan taman safari.

Dia mengatakan sembilan kera besar adalah primata non-manusia pertama yang diketahui telah divaksin Covid-19 dalam bentuk apa pun.*

Baca juga: Hanya 30% Nakes Prancis yang Sudah Bersedia Disuntik Vaksin Covid-19

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Partai AK Turki: Kesepakatan UEA-’Israel’ Bunuh Diri Politik dan Penghianatan pada Palestina

Partai AK Turki: Kesepakatan UEA-’Israel’ Bunuh Diri Politik dan Penghianatan pada Palestina

Meski Belum Baca Isinya, Rakyat Mesir Dukung Referendum Konstitusi

Meski Belum Baca Isinya, Rakyat Mesir Dukung Referendum Konstitusi

Mahkamah Agung Rusia Larang Siswi Muslim Berjilbab

Mahkamah Agung Rusia Larang Siswi Muslim Berjilbab

Al-Quds Diabadikan Sebagai Nama Jalan Protokol di Ankara

Al-Quds Diabadikan Sebagai Nama Jalan Protokol di Ankara

Langgar Aturan Covid-19, Italia Ancam Larang Terbang Ryanair

Langgar Aturan Covid-19, Italia Ancam Larang Terbang Ryanair

Baca Juga

Berita Lainnya