Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Jack Ma Bukan Lagi Orang Terkaya di China

Jack Ma terkaya China
Bagikan:

Hidayatullah.com — Pendiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma, bukan lagi orang terkaya di China. Ini berdasarkan daftar orang terkaya dunia yang diterbitkan pada Selasa.

Dilansir Al Arabiya, Jack Ma dan keluarganya berada di posisi teratas dalam daftar orang terkaya di China versi Hurun 2020 dan 2019, namun untuk tahun 2021 ia berada di posisi keempat dengan posisi pertama dipegang oleh pemilik produsen minuman kemasan Nongfu Spring Zhong Shanshan, disusul pemilik Tencent Holding’s Pony Ma dan pemilik e-commerce baru Pinduoduo Colling Huang.

Keluarnya dia dari posisi tiga besar terjadi setelah “regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah anti-trust,” kata laporan Hurun.

Kesengsaraan Jack Ma ini dipicu oleh pidatonya pada 23 Oktober, di mana dia mengecam sistem regulasi China, menyebabkan penangguhan penawaran umum perdana (IPO) Grup Ant senilai $ 37 miliar hanya beberapa hari sebelum penawaran saham publik raksasa fintech itu.

Regulator sejak itu memperketat pengawasan anti-trust di sektor teknologi negara, dengan Alibaba yang yang berada dalam sorotan; regulator pasar meluncurkan penyelidikan anti-trust resmi ke Alibaba pada bulan Desember.

Jack Ma, yang tidak dikenal menghindari sorotan, kemudian menghilang dari mata publik selama sekitar tiga bulan, memicu spekulasi heboh tentang keberadaannya. Dia muncul kembali pada bulan Januari dengan video berdurasi 50 detik.

Baca juga: Jack Ma Tidak Lagi Masuk Daftar Tokoh Terkemuka Pengusaha China

Orang terkaya China saat ini, Zhong, membuat penampilan pertamanya di posisi teratas dengan kekayaan 550 miliar yuan ($ 85 miliar), sebagian besar berkat kinerja harga saham Nongfu Spring dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang juga ia kelola.

Pony Ma dari Tencent’ melihat kekayaannya membengkak 70 persen sepanjang tahun menjadi 480 miliar sementara kekayaan Huang dari Pinduoduo tumbuh 283 persen menjadi 450 miliar yuan, kata daftar tersebut. Sebagai perbandingan, kekayaan Jack Ma dan keluarganya tumbuh 22 persen menjadi 360 miliar yuan.

Zhang Yiming, pendiri perusahaan yang memiliki TikTok, ByteDance untuk pertama kalinya masuk ke peringkat lima besar di antara miliarder China dalam daftar orang terkaya di dunia versi Hurun, dengan perkiraan kekayaan pribadi $ 54 miliar.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S

Bagikan:

Berita Terkait

Italia Luncurkan Kampanye untuk Menakut-nakuti Pengungsi

Italia Luncurkan Kampanye untuk Menakut-nakuti Pengungsi

16 Ribu Warga Kelantan Malaysia Mengungsi Akibat Banjir

16 Ribu Warga Kelantan Malaysia Mengungsi Akibat Banjir

Profesor Amerika Seru Hancurkan Israel

Profesor Amerika Seru Hancurkan Israel

Gus Dur Kunjungi Israel Lagi

Gus Dur Kunjungi Israel Lagi

Ketua Rabithah ‘Alam Islami dan Presiden Singapura Bahas  Toleransi

Ketua Rabithah ‘Alam Islami dan Presiden Singapura Bahas Toleransi

Baca Juga

Berita Lainnya