Jum'at, 26 Maret 2021 / 13 Sya'ban 1442 H

Internasional

Korupsi Berkaitan Pemakaman Nelson Mandela, 15 Orang Ditangkap

Bagikan:

Hidayatullah.com–Polisi di Afrika Selatan menangkap 15 orang dengan tuduhan korupsi berkaitan dengan penyelenggaraan pemakaman tokoh anti-Apartheid Nelson Mandela tahun 2013.

Mereka yang ditangkap termasuk Menteri Kesehatan Provinsi Eastern Cape Sindiswa Gomba, sejumlah pengusaha ternama dan beberapa anggota parlemen dari partai pemerintah African National Congress (ANC) –partai yang didirikan Mandela. Di antara mereka ada anggota legislatif perwakilan Buffalo City Pumlani Mkolo, bekas wali kota metropolitan Buffalo City Zukiswa Ncitha dan jubir dewan legislatif Luleka Simon-Ndzele.

Mereka belum memberi komentar tentang tuduhan tersebut, lansir BBC Jumat (12/2/2021).

Kelima belas orang tersebut, yang dikeluarkan dari tahanan dengan uang jaminan sampai bulan depan, dituduh korupsi dan pencucian uang yang nilainya hampir $700.000 (£500.000).

Pihak jaksa penuntut mengatakan mereka melakukan penipuan lewat klaim biaya transportasi para pelayat dan sewa tempat di kota East London yang dipakai untuk lokasi upacara pemakaman sebelum jasad presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan itu dikubur.

Tuduhan tersebut pertama kali muncul pada tahun 2014, beberapa bulan setelah pemakaman Mandela digelar di Qunu, Eastern Cape, bulan Desember 2013, yang dihadiri oleh kepala negara dari berbagai belahan dunia.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Topi Yahudi Dilarang Masuk Yordania

Topi Yahudi Dilarang Masuk Yordania

Pekerja Asing Dapat Meninggalkan Qatar tanpa Izin Majikan

Pekerja Asing Dapat Meninggalkan Qatar tanpa Izin Majikan

Surat Penahanan untuk 4 Jenderal Israel Batal Dikeluarkan

Surat Penahanan untuk 4 Jenderal Israel Batal Dikeluarkan

Kamp Pengungsi Rohingya kebakaran

Kebakaran Besar Terjadi di Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Kapal Nabi Nuh Telah Ditemukan?

Kapal Nabi Nuh Telah Ditemukan?

Baca Juga

Berita Lainnya