Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

Maling di Milan Pantau Laman Instagram Orang Kaya Sebelum Merampok

Instagram
Bagikan:

Hidayatullah.com–Sekelompok maling di Milan, Italia, yang dikenal sebagai “pencuri akrobat” memantau laman Instagram orang-orang kaya di kota mode itu sebelum menggasak isi rumah, ungkap pihak kejaksaan.

Kelompok maling itu mengkaji foto-foto selebriti untuk menemukan titik masuk, menggunakan informasi lokasi untuk mencari tahu di mana mereka tinggal dan kapan mereka keluar rumah.

Rekaman video yang dirilis pihak berwenang menunjukkan para perampok memanjat gedung-gedung apartemen.

Di antara korban kejahatan maling akrobat itu adalah penyiar TV Diletta Leotta dan pesepakbola Achraf Hakimi, lansir BBC Jumat (12/2/2021).

Satu tersangka berhasil ditangkap bulan Januari, dan tiga lainnya diringkus hari Rabu lalu. Salan seorang dari mereka adalah seorang anak lelaki berusia 17 tahun yang akan diadili di pengadilan khusus anak nakal.

Aksi perampokan pertama yang dilakukan oleh kelompok nb itu terjadi pada 6 Juni 2020, ketika para pelaku membawa kabur barang berharga milik Leotta yang bernilai sekitar  €150,000 (£132,000), antara lain berupa perhiasan, beberapa tas desainer ternama dan sejumlah jam Rolex.

Enam bulan kemudian dengan menggunakan metode yang sama, pada bulan Desember mereka membobol rumah Eleonora Incardona, seorang influencer dan bekas ipar Leotta.

Dari rumah Incardona, mereka mengambil 9 tas, 2 sabuk, 5 scarf, 2 anting-anting, 1 dompet, 1 koper dan uang tunai €1,000 lapor media di Italia. Total nilai barang yang dicuri mencapai puluhan ribu euro.

Kawanan rampok itu dijuluki maling akrobat karena keahlian dan ketangkasan mereka dalam memanjat gedung.

Selain menggunakan data geolocation dari konten Instagram, polisi berkeyakinan pelaku mempelajari terlebih dahulu jenis jendela apa yang ada di tempat tinggal calon korban untuk merancang rencana masuk rumah target.

Rekaman CCTV dari bulan Desember yang dirilis polisi menunjukkan seorang pria sedang memanjat sebuah gedung apartemen, temannya yang lain menunggu di bawah sambil mengawasi keadaan.

Jaksa Francesca Crupi mengatakan kepada awak media bahwa sementara temannya beraksi di luar, dua orang anggota maling akrobat itu menunggu di bagian dalam apartemen.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Kejaksaan Mesir Cabut Dakwaan atas 228 Pro-Mursy

Kejaksaan Mesir Cabut Dakwaan atas 228 Pro-Mursy

Utusan PBB: Status Masa Depan Baitul Maqdis Harus Dirundingkan

Utusan PBB: Status Masa Depan Baitul Maqdis Harus Dirundingkan

Netanyahu Diam-Diam Temui Menlu Maroko

Netanyahu Diam-Diam Temui Menlu Maroko

Turki akan Membuka Rumah Sakit Riset di Luar Negeri

Turki akan Membuka Rumah Sakit Riset di Luar Negeri

Al Ikhwan Sertakan Kristen Koptik dalam Partai

Al Ikhwan Sertakan Kristen Koptik dalam Partai

Baca Juga

Berita Lainnya