Sabtu, 13 Februari 2021 / 30 Jumadil Akhir 1442 H

Internasional

Joe Biden Dilantik sebagai Presiden AS ke-46, Trump Pilih Lari Mengindar

Joe Biden resmi dilantik sebagai Presiden AS ke-46 di Capitol Hill, Washington DC, Kamis. /REUTERS
Bagikan:

Hidayatullah.com–Joseph R. Biden Jr. telah dilantik sebagai presiden Amerika Serikat dan Kamala Harris menjadi Wakil Presiden wanita pertama dalam sejarah AS.  Pemimpin baru AS ini dilantik di Capitol Hill, Washington DC, di hadapan Hakim Agung AS John Roberts hari Rabu (20/1/2021).

“Demokrasi telah menang,” kata presiden AS yang baru, menyerukan persatuan setelah kekerasan yang terlihat di Capitol Hill.

Sementara Donald Trump meninggalkan Gedung Putih pada hari sebelumnya. Trump meninggalkan Gedung Putih pada Rabu pagi ke negara bagian Florida, dan memilih untuk melanggar tradisi penyerahan secara damai kekuasaan AS dengan tidak berpartisipasi dalam acara pelantikan itu.

Trump tidak ambil bagian dalam upacara pelantikan – menjadi presiden pertama yang melakukannya dalam 152 tahun. Presiden Biden menandatangani nominasi Kabinet dan dokumen pengukuhan dalam seremonial aksi pertama sebagai presiden.

Kamala Harris, yang dilantik sebagai wakil presiden sebelum Biden, adalah wanita pertama – dan orang kulit hitam dan Asia-Amerika pertama – yang menjabat dalam peran dari kepresidenan.

Sekitar 25.000 Penjaga Nasional melindungi upacara tersebut,  karena pandemi virus corona. Dalam pidato pengukuhannya, Biden mengatakan ini adalah hari “sejarah dan harapan”. “Seluruh jiwa saya adalah untuk menyatukan kembali Amerika,” tambahnya.

Biasanya ratusan ribu orang menghadiri upacara setiap empat tahun sekali itu, tetapi tahun ini masyarakat diminta untuk merayakannya di rumah ketika Amerika Serikat (AS) terus berhadapan dengan pandemi, yang telah merenggut lebih dari 400.000 nyawa di negara itu.

Puluhan ribu pasukan Garda Nasional di ibu kota Washington mengamankan kota, setelah mantan pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Gedung Capitol pada 6 Januari untuk menggagalkan pengangkatan Biden. Usai dilantik Biden langsung menjalankan tugas menjadi presiden AS sampai Januari 2025 mendatang. Dia akan memimpin AS bersama Wapres Kamala Harris.

Biasanya, presiden yang menyelesaikan masa jabatan dan yang baru terpilih mendatangi Gedung Capitol bersama-sama untuk berpartisipasi dalam upacara pelantikan.

Sejumlah pejabat tinggi dan tamu undangan satu per satu tiba di Gedung Capitol. Wakil Presiden AS Mike Pence, Mantan Presiden Bill Clinton dan Hillary Clinton, Mantan Presiden George W Bush dan Laura Bush juga terlihat hadir di gedung.

Mantan Presiden Barack Obama dan mantan ibu negara Michelle Obama juga hadir.   Upacara peresmian termasuk pertunjukan musik Lady Gaga – yang menyanyikan lagu kebangsaan – serta Jennifer Lopez dan Garth Brooks.

Konser malam di Lincoln Memorial di kota itu akan dipandu oleh Tom Hanks dan akan menampilkan Bruce Springsteen, John Legend, Jon Bon Jovi, Justin Timberlake, dan Demi Lovato.

Sore harinya, Joe Biden dan Kamala Harris mengunjungi Pemakaman Nasional Arlington di Virginia untuk memberikan penghormatan kepada korban tewas perang militer AS, ditemani mantan Presiden AS Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama.*

Rep: Ahmad
Editor: Insan Kamil

Bagikan:

Berita Terkait

Ratusan Ribu Jamaah Haji Padati Kakbah untuk Tawaf Wada

Ratusan Ribu Jamaah Haji Padati Kakbah untuk Tawaf Wada

Pembangunan Masjid di Athena akan Dimulai

Pembangunan Masjid di Athena akan Dimulai

Mahasiswi Diperkosa dan Dibunuh di Gereja, Warga Nigeria Menuntut Keadilan

Mahasiswi Diperkosa dan Dibunuh di Gereja, Warga Nigeria Menuntut Keadilan

Presiden Musevani: Orang Uganda Mati Kekenyangan

Presiden Musevani: Orang Uganda Mati Kekenyangan

Kanada Kembali Memperbolehkan Dokter Bantu Pasien Bunuh Diri

Kanada Kembali Memperbolehkan Dokter Bantu Pasien Bunuh Diri

Baca Juga

Berita Lainnya