Sabtu, 10 Juli 2021 / 30 Zulqa'dah 1442 H

Internasional

WHO Kecewa China Tak Kunjung Izinkan Tim Investigasi Covid-19 Masuk

COVID 19 Palestina EPA-EFE/STR
Pasien terinfeksi virus corona di RS Jinyintan Wuhan, China
Bagikan:

Hidayatullah.com–Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari Selasa (5/1/2021) mengatakan “sangat kecewa” dengan China yang masih belum memberikan izin masuk kepada satu tim internasional yang bermaksud menyelidiki asal mula coronavirus penyebab pandemi Covid-19.

Tim beranggotakan 10 pakar itu rencananya diberangkatkan awal Januari sebagai bagian dari misi penyelidikan coronavirus di Wuhan, yang kemudian menyebar menjadi pandemi ke seluruh dunia setahun belakangan ini.

“Hari ini kami mengetahui bahwa pejabat-pejabat China belum juga menuntaskan izin yang diperlukan untuk kedatangan tim di China,” kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers daring di Jenewa, seperti dilansir Reuters.

“Saya sudah melakukan kontak dengan para pejabat senior China dan sekali lagi menegaskan bahwa misi ini merupakan prioritas bagi WHO,” imbuhnya.

Misi itu akan dipimpin oleh Peter Ben Embarek, pakar WHO bidang penyakit hewan yang menular ke spesies lain, yang pada misi pendahuluan bulan Juli 2020 ikut berangkat ke China.

Dua anggota tim internasional itu sudah sempat berangkat ke China. Satu dari mereka sekarang sudah kembali pulang dan satunya transit di negara ketiga, kata Direktur Kedaruratan WHO Mike Ryan.

Namun, dia menambahkan bahwa lembaganya yakin penundaan dari pihak China sekedar masalah logistik dan birokrasi yang diharapkan akan segera dapat diselesaikan.

Menjelang lawatan tim internasional itu, Beijing berusaha membuat narasi tentang kapan dan di mana pandemi itu berasal. Diplomat senior corong suara pemerintah China Wang Yi mengatakan “banyak studi” menunjukkan bahwa pandemi muncul di sejumlah daerah, bukan satu tempat saja di Wuhan. Namun, Ryan menyebut narasi itu “sangat spekulatif”.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Iran Kembali Tegaskan Dukungannya terhadap Bashar Al Assad

Iran Kembali Tegaskan Dukungannya terhadap Bashar Al Assad

Televisi Halangi Berbahasa Anak

Televisi Halangi Berbahasa Anak

Harga Naik, Kurs Dolar Naik, Semangat Belajar Tetap Naik

Harga Naik, Kurs Dolar Naik, Semangat Belajar Tetap Naik

Raja Baru Arab Larang Cium Tangan

Raja Baru Arab Larang Cium Tangan

Sekjen OKI Puji Peran Malaysia dalam Kasus Rohingya

Sekjen OKI Puji Peran Malaysia dalam Kasus Rohingya

Baca Juga

Berita Lainnya