Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Covid-19 Dorong China Jadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Dunia Kalahkan AS

Bagikan:

Hidayatullah.com–China akan mengambil alih posisi Amerika Serikat sebagai pemilik kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada 2028, lima tahun lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19.

Centre for Economics and Business Research (CEBR), sebuah wadah pemikir berbasis di Inggris, dalam penerbitan tahunannya World Economic League Table Yang dirilis hari Sabtu (26/12/2020), mengatakan bahwa krisis kesehatan dunia telah meredistribusi momentum ekonomi yang menjadikan Asia terbaik dan Eropa terburuk.

Kecakapan China dalam manajemen pandemi dan dampak jangka panjang pandemi menjadikan performa ekonomi negara itu lebih baik dibandingkan negara-negara Barat.

“Kami sekarang berpikir bahwa perekonomian  China dalam dolar akan mengalahkan perekonomian AS pada tahun 2028, lima tahun lebih cepat dibanding perkiraan kami tahun lalu,” tulis laporan itu seperti dilansir Euronews Ahad (27/12/2020).

Menurut laporan tersebut, disebabkan pemerintah China berusaha sangat keras untuk mengatasi krisis Covid-19, maka dampak buruknya terhadap perekonomian berhasil diminimalisir. Sementara perekonomian negara-negara Barat diperkirakan akan mencatatkan pertumbuhan minus tahun ini, China diperkirakan tumbuh 2 persen.

Antara tahun 2021 dan 2025 pertumbuhan ekonomi China diperkirakan mencapai 5,7% setiap tahun, dan pada 2026-2030 mencapai 4,5% per tahun, kemudian 3,9% lima tahun selanjutnya.

Sebaliknya, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat diperkirakan tumbuh 1,9% pada tahun 2022 sampai 2024, dan tahun depan 1,6% 

Amerika Serikat merupakan negara di dunia paling terdampak pandemi coronavirus, dengan jumlah kematian lebih dari 330.000 dan hampir 19 juta orang di negara maju itu terjangkit coronavirus, menurut data yang dikumpulkan  Johns Hopkins University.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Lebih dari 700 Dokter dan Tenaga Medis Terbunuh dalam Konflik Suriah

Lebih dari 700 Dokter dan Tenaga Medis Terbunuh dalam Konflik Suriah

Mufti Saudi Nasehati Pedagang agar Jangan Serakah

Mufti Saudi Nasehati Pedagang agar Jangan Serakah

Demokrasi Afghan, Antara Kecabulan dan Kesundalan

Demokrasi Afghan, Antara Kecabulan dan Kesundalan

Mahasiswi Diperkosa dan Dibunuh di Gereja, Warga Nigeria Menuntut Keadilan

Mahasiswi Diperkosa dan Dibunuh di Gereja, Warga Nigeria Menuntut Keadilan

Blok Arab Menyatakan ‘Terkejut’  Pendirian  Qatar

Blok Arab Menyatakan ‘Terkejut’ Pendirian Qatar

Baca Juga

Berita Lainnya