Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Pengadilan Jerman Perintahkan Tesla Berhenti Menebang Pohon di Lokasi Pabriknya

Bagikan:

Hidayatullah.com–Pengadilan di Jerman hari Sabtu (19/12/2020) menyatakan bahwa Tesla harus berhenti menebang pohon di sebagian area di lokasi pabriknya.

Pengadilan administrasi wilayah Berlin-Brandenburg mengukuhkan keputusan sementara yang dibuat sebelumnya yang tidak memperbolehkan penebangan pohon-pohon di lokasi pabrik itu. Dua organisasi peduli lingkungan mengajukan banding setelah pengadilan di bawahnya membolehkan penebangan pohon di kawasan hutan di lokasi pabrik Tesla. Pengadilan banding secara spesifik menyebut bahwa area di pinggiran lokasi pabrik di mana sejumlah spesies terlindungi hidup tidak boleh digunduli.

Pengadilan juga mengatakan bahwa Tesla tidak kunjung memberikan informasi yang diminta tentang pembayaran kompensasi untuk proyek restorasi lingkungan sampai tenggatnya awal pekan kemarin, lapor kantor berita Jerman DPA seperti dilansir Associated Press.

Tesla berencana membuka pabrik itu pada musim panas mendatang. Tidak jelas apakah keputusan pengadilan itu akan menunda rencana tersebut.

Gugatan hukum itu diajukan oleh kelompok peduli lingkungan NABU dan Gruene Liga, yang mengklaim bahwa kehidupan alam liar di hutan itu belum dialihkan ke tempat aman sebelum penebangan pohon dilakukan. Mereka utamanya khawatir dengan keselamatan kadal pasir dan ular lembut, tulis NABU di websitenya. Keduanya merupakan jenis hewan yang dilindungi di Jerman.

Tesla, yang bermarkas besar di California, Amerika Serikat, akhir tahun lalu mengumumkan bahwa pihaknya memutuskan untuk membangun pabrik pertamanya di Eropa di dekat Berlin. Lokasinya berada di Gruenheide, tidak jauh dari ibukota ke arah timur di negara bagian Brandenburg.

Tesla berharap membuat 150.000mobil listrik mulai pertengahan 2021, dengan rencana menaikkan jumlahnya menjadi 500.000 pertahun.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Jumlah Korban Serangan ISIS di Afghan bertambah 36

Jumlah Korban Serangan ISIS di Afghan bertambah 36

Polisi:Tak Ada Motif Terorisme Dalam Penikaman di Den Haag

Polisi:Tak Ada Motif Terorisme Dalam Penikaman di Den Haag

Museum Islam Australia Pertama Dibuka 2013

Museum Islam Australia Pertama Dibuka 2013

Partai Salafy Mesir Bantah Tutupi Patung Putri Duyung

Partai Salafy Mesir Bantah Tutupi Patung Putri Duyung

Ini Alasan Iran  Dukung Penuh Rezim Suriah

Ini Alasan Iran Dukung Penuh Rezim Suriah

Baca Juga

Berita Lainnya