Rabu, 24 Maret 2021 / 11 Sya'ban 1442 H

Internasional

‘Ekstremisme Supremasi Kulit Putih’ Ancaman yang Tumbuh Paling Cepat di Inggris, Kata Pakar Polisi Kontra-Teror

The New Arab
[Ilustrasi]
Bagikan:

Hidayatullah.com–Ekstremisme sayap kanan adalah ancaman yang tumbuh paling cepat di Inggris, menurut seorang anggota senior Kepolisian Metropolitan London, The New Arab melaporkan.

Ekstremisme sayap kanan, seperti ideologi supremasi kulit putih, adalah ancaman di Inggris, dengan 10 dari 12 di bawah 18 tahun yang ditangkap karena terorisme tahun lalu telah dikaitkan dengan ideologi sayap kanan yang ekstrim, ungkap Asisten Komisaris Polisi Metropolitan Neil Basu.

“Sudah pasti ada pertumbuhan materi nasionalistik online, literatur supremasi kulit putih, hal-hal yang sangat mengganggu,” kata Basu dalam wawancara dengan Sky.

Basu mengungkapkan bahwa 17 anak, dengan beberapa di antaranya berusia 14 tahun, ditangkap atas tuduhan terorisme dalam 18 bulan terakhir.

Saat itu, sekitar 1.500 anak di bawah usia 15 tahun dirujuk ke program Cegah pemerintah yang kontroversial.

“Kami melihat lebih banyak anak muda tertarik pada aktivitas teroris,” katanya.

“Itu adalah tren yang relatif baru dan mengkhawatirkan di Inggris, karena hanya beberapa tahun yang lalu kami tidak melihat orang yang semuda itu di antara kerja kasus kami.”

Ini terjadi ketika pihak berwenang meluncurkan situs web baru bernama Act Early, yang mendorong keluarga dan teman untuk melaporkan orang-orang yang mereka curigai terpapar radikalisasi.

Strategi pemerintah yang disebutkan, Prevent, telah menjadi pusat kritik, dengan banyak yang berpendapat bahwa itu menargetkan komunitas Muslim secara tidak proporsional.

Program kontra-terorisme pemerintah telah gagal mendapatkan popularitas di kalangan penduduk; tahun lalu hanya dua persen rujukan ke Prevent berasal dari keluarga dan teman-teman mereka yang dicurigai mengalami radikalisasi.

“Saya tetap berharap, karena ada yang bisa kami lakukan sekarang untuk mencoba menghentikan ini,” kata Basu.

“Ini membutuhkan orang tua, teman, dan keluarga untuk membantu kami dengan bertindak lebih awal, dengan berbicara kepada anak-anak mereka tentang apa yang mereka lihat secara online dan berbagi keprihatinan mereka serta mencari dukungan jika mereka takut seseorang yang mereka kenal terancam bahaya radikalisasi.”*

Rep: Fida' A.
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Arab Saudi Hapus Hukuman Mati Narapidana di Bawah Umur

Arab Saudi Hapus Hukuman Mati Narapidana di Bawah Umur

Mau Jadi Warganegara Turki? Mudah, Beli Saja Properti

Mau Jadi Warganegara Turki? Mudah, Beli Saja Properti

PM Mahathir Batalkan Proyek Kereta Cepat KL-Singapura

PM Mahathir Batalkan Proyek Kereta Cepat KL-Singapura

Takut Ditangkap, Pejabat Zionis Takut Keluar Negeri

Takut Ditangkap, Pejabat Zionis Takut Keluar Negeri

Produsen TV Vizio Curi Data Kebiasaan Menonton Penggunanya

Produsen TV Vizio Curi Data Kebiasaan Menonton Penggunanya

Baca Juga

Berita Lainnya