Jum'at, 22 Oktober 2021 / 16 Rabiul Awwal 1443 H

Internasional

Rumah Sakit Covid-19 di Rumania Kebakaran, Sedikitnya 10 Pasien Tewas

Bagikan:

Hidayatullah.com—Sedikitnya 10 orang tewas dan beberapa orang lain terluka serius dalam kebakaran yang terjadi di sebuah rumah sakit di Rumania yang merawat pasien Covid-19, kata para pejabat.

Kebakaran terjadi di unit perawatan intensif (ICU) di sebuah rumah sakit pemerintah di kota Piatra Neamt, bagian timur laut Rumania.

Menteri Kesehatan Nelu Tataru mengatakan kepada media setempat bahwa kebakaran sepertinya disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik.

Tataru mengatakan pasien Covid-19 lainnyaa dipindahkan ke sebuah fasilitas lain di kota Iasi, lansir BBC Ahad (15/11/2020).

Seorang dokter yang berusaha menyematkan para pasien dikabarkan dalam kondisi kritis setelah mengalami luka bakar serius. Media lokal melaporkan bahw dokter tersebut dibawa ke rumah sakit di ibukota Bucharest dengan menggunakan pesawat militer.

“Ada staf medis lain yang juga mengalami luka bakar, tidak hanya dokter yang sedang bertugas,” kata Tataru, seraya menambahkan bahwa dirinya langsung berangkat ke Piatra Neamt menyusul peristiwa kebakaran Sabtu malam itu.

Delapan orang tewas dikabarkan berada di dalam ruang perawatan di lantai dua tempat api berasal, dua lainnya berada di ruang sebelahnya. Semua korban itu adalah pasien coronavirus. Banyak pasien di bangsal itu yang dirawat dengan alat bantu pernapasan atau ventilator.

Api diyakini berkobar cepat disebabkan adanya cadangan oksigen yang dipakai untuk intubasi pasien, kata Kementerian Kesehatan.

Rumania melaporkan lebih dari 350.000 kasus Covid-19 sejak awal pandemi dengan kematian 8.813 orang.

Hari Jumat, negara itu mencatat rekor baru pertambahan kasus infeksi harian yaitu 9.489. Pada hari yang sama tercatat 174 pasien coronavirus meninggal dan 1.149 pasien dirawat di ruangan intensif.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

Hamas Bantah Dirikan Kamp Latihan Bersama Al-Ikhwan

Hamas Bantah Dirikan Kamp Latihan Bersama Al-Ikhwan

Uni Eropa Pesan 300 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Sanofi-GSK

Uni Eropa Pesan 300 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Sanofi-GSK

Perempuan Kashmir

India Mulai Terbitkan “Sertifikat Domisili” Menjepit Muslim Kashmir

Dianggap Buka Peluang Pengakuan LGBT, Warga Kroasia Tolak Konvensi Istanbul

Dianggap Buka Peluang Pengakuan LGBT, Warga Kroasia Tolak Konvensi Istanbul

10 Seruan Al Azhar Respon Kondisi Mesir Terakhir

10 Seruan Al Azhar Respon Kondisi Mesir Terakhir

Baca Juga

Berita Lainnya