Jum'at, 12 Februari 2021 / 29 Jumadil Akhir 1442 H

Internasional

Gli, Penghuni Berbulu Masjid Haghia Sophia, Telah Tiada

Bagikan:

Hidayatullah.com— Kucing penghuni yang juga penjaga Hagia Sophia (Aya Sofya) yang terkenal, Gli, meninggal dunia karena ‘umur tua’, wali kota Istanbul mengatakan pada Sabtu. Berita ini membuat sedih ribuan orang, membanjiri media sosial untuk menyampaikan rasa kehilangan mereka lapor Al Araby pada Ahad (08/11/2020).

Gli, seekor kucing yang telah tinggal di Masjid Hagia Sophia selama 13 tahun, menjadi sensasi internasional yang sangat populer di antara jutaan wisatawan yang mengunjungi bangunan bersejarah yang sekarang telah diubah menjadi Masjid.

Dengan surai abu-abu dan mata hijau, akun media sosial Gli telah menarik ribuan penggemar dari seluruh dunia. Pada tahun 2009, mantan Presiden AS Barack Obama terekam sedang membelainya ketika ia mengunjungi Turki.

Sebelum meninggal, Gli telah dirawat di rumah sakit dan menerima perawatan selama beberapa bulan.

“Saya sedih karena kehilangan Gli,” tulis Wali Kota Istanbul Ali Yerlikaya di twitter.

“Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta [distrik] Levent [Istanbul] sejak 24 September, sayangnya meninggal karena usia tuanya,” kata Yerlikaya.

Akun Instagram resmi Gli juga memposting berita tersebut, mengucapkan ucapan perpisahan terakhir kepada kucing itu.

“Selamat tinggal Gli, kucing terkenal di masjid Hagia Sophia. Langkah lembut Gli sekarang menjadi bagian dari sejarah Hagia Sophia,” tulis akun @HagiaSophiaCat.

Ribuan penduduk dan turis yang telah bertemu dengan kucing terkenal itu sedih dengan berita duka tersebut dan membanjiri postingan dengan komentar yang menceritakan pertemuan mereka dengan ‘penjaga’ berbulu Hagia Sophia.

“Beristirahatlah dengan damai Gli. Saya bertemu dengannya pada 2009, dia masih sangat muda saat itu,” tulis Golara Tavakolian.

“Saya bertemu denganmu tahun lalu. Saya mengelusmu dan tinggal bersamamu selama berjam-jam. Hatiku hancur. Kamu akan dirindukan,” tulis pengguna lain, @dmcgrimm.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Muhammad Abdus Syakur

Bagikan:

Berita Terkait

Mantan Presiden Ukraina Mengaku Salah Undang Tentara Rusia ke Krimea

Mantan Presiden Ukraina Mengaku Salah Undang Tentara Rusia ke Krimea

Tahun 2020 Lulusan PT Didominasi China-India

Tahun 2020 Lulusan PT Didominasi China-India

Ikhwanul Muslimin Cela Dokumen PBB yang Anti-Islam

Ikhwanul Muslimin Cela Dokumen PBB yang Anti-Islam

Proyek Raksasa Abad Ini: Terusan Salman

Proyek Raksasa Abad Ini: Terusan Salman

Saudi Sederhanakan Perayaan Hari Nasional

Saudi Sederhanakan Perayaan Hari Nasional

Baca Juga

Berita Lainnya