Rabu, 24 Maret 2021 / 10 Sya'ban 1442 H

Internasional

Adik Kaisar Jepang Naruhito Resmi Calon Pewaris Tahta

Bagikan:

Hidayatullah.com—Pangeran Fumihito, adik lelaki dari Kaisar Jepang Naruhito, telah dinyatakan resmi menjadi pewaris tahta apabila abangnya tidak lagi menduduki kursi kekuasaan.

Fumihito berusia 6 tahun lebih muda dibanding Naruhito, yang naik tahta setelah ayah mereka, Akihito yang berusia 86 tahun, memilih turun tahta dengan alasan kesehatan.

Naruhito tidak memiliki anak lelaki dan anak perempuannya dilarang mewarisi tahta, meskipun ada seruan agar aturan tersebut diubah.

Upacara penetapan ahli waris tahta Jepang “Rikkoshi no rei” awalnya dijadwalkan digelar pada bulan April, tetapi diundur karena pandemi coronavirus.

Acara tersebut dihadiri oleh keluarga istana dan 46 tamu yang terdiri dari pejabat lokal dan perwakilan asing, yang kebanyakan tampak mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain, lapor kantor berita Kyodo.

Kaisar Naruhito, 60, mengenakan pakaian tradisional berwarna jingga, mengumumkan kepada seluruh rakyat Jepang dan masyarakat internasional bahwa adiknya merupakan calon pewaris tahtanya dalam upacara “Rikkoshi Senmei no gi” yang digelar Ahad (8/11/2020) pagi di bangsal utama Matsu no Ma di Istana Kekaisaran.

Dalam acara resmi kenegaraan yang berlangsung cukup singkat itu, hanya sekitar 15 menit,  pangeran mahkota ditemani istrinya putri mahkota Kiko, 54, yang mengenakan pakaian tradisional kimono dan rok hakama.

Di sore hari, pangeran mahkota mengucapkan terima kasih kepada kaisar dan istrinya dalam acara “Choken no gi”.

Dalam ucapan selamat yang disebut “yogoto”, Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan pangeran mahkota sudah mendukung abang dan ayahnya juga melaksanakan tugas-tugas resmi bersama istrinya putri mahkota. 

Fumihito dikenal sebagai anggota keluarga kerajaan yang bersuara lantang, kerap mengutarakan pandangannya tentang bagaimana seharusnya keluarga bangsawan itu bersikap dan berperilaku di masa modern sekarang ini. Ayah tiga anak itu sangat menyukai binatang dan sejumlah topik lain.

Di masa pandemi, Fumihito lebih banyak berada di rumah dan melaksanakan tugasnya secara daring.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

Bagikan:

Berita Terkait

UU Belanda Larang Menyembelih Hewan

UU Belanda Larang Menyembelih Hewan

Paus Fransiskus Akui “Kekuatan Gaib” Kedua Bunda Teresa

Paus Fransiskus Akui “Kekuatan Gaib” Kedua Bunda Teresa

Polisi Australia Temukan 400kg Narkoba Dalam Saus Sambal dari AS

Polisi Australia Temukan 400kg Narkoba Dalam Saus Sambal dari AS

Jelang Pemilu Gaji Presiden Mesir yang Baru Sudah Dinaikkan

Jelang Pemilu Gaji Presiden Mesir yang Baru Sudah Dinaikkan

Tidak Ada Orang Chechnya Ikut Perang di Suriah

Tidak Ada Orang Chechnya Ikut Perang di Suriah

Baca Juga

Berita Lainnya